Friday, January 19, 2018

Cara Membuat VCC (Virtual Credit Card) Melalui Online Banking CIMB Niaga

Dulu ketika kita hendak melakukan berbagai transaksi jual beli online, misalnya pembelian tiket pesawat terbang atau booking hotel, diperlukan adanya kartu kredit (credit card) sebagai sarana pembayaran yang dapat diterima penjual barang atau jasa. Namun saat ini, layanan dari beberapa bank dapat memungkinkan kita untuk dapat melakukan transaksi kartu kredit tanpa kartu kredit. Lha, koq bisa ?. Jawabannya adalah "Virtual Credit Card (VCC)".

Dari namanya saja sudah dapat diterka bahwa VCC ini bukanlah kartu kredit yang sesungguhnya karena tidak ada bentuk fisik yang kita terima sebagaimana pengajuan kartu kredit yang sebenarnya. Namun demikian, VCC (Virtual Credit Card) ini memiliki kode atau nomor yang sama dengan kartu kredit sungguhan, baik nomor kartu, tanggal expired, dan kode CVC.

Salah satu bank di Indonesia yang sudah menyediakan layanan VCC ini adalah Bank CIMB Niaga (termasuk CIMB Niaga Syariah). Berikut saya share langkah-langkah yang diperlukan agar Anda dapat memanfaatkan fitur ini (syaratnya tentu saja terlebih dahulu Anda harus membuka tabungan CIMB Niaga beserta akun online banking) :

  1. Masuk ke akun online personal banking CIMB Niaga/Syariah Anda.
  2. Pilih menu "Prepaid Reloads" dan pilih Purchase Type "Virtual Card Number". 
  3. Isikan saldo sesuai keinginan Anda lalu klik "Next".
  4. Masukkan kode mPIN yang dikirim ke HP Anda lalu klik "Submit".
  5. Akan muncul info nomor kartu kredit virtual Anda dimana nomor ini hanya berlaku selama sekitar 4 (empat) hari sejak dibuat.
  6. Selesai

Dengan selesainya VCC di atas, Anda kini dapat melakukan berbagai transaksi online yang menerima pembayaran via kartu kredit berlogo Mastercard. Keuntungan menggunakan VCC ini, selain tidak perlu apply kartu kredit ke bank, jika Anda memiliki kartu kredit utama maka data-data pada akun kartu kredit tersebut akan lebih terjaga dengan baik. Hal ini penting buat Anda yang sering melakukan transaksi kartu kredit via online. Beberapa catatan dari layanan VCC di CIMB Niaga adalah sebagai berikut  : 

  1. Hanya digunakan untuk transaksi online yang menerima kartu kredit Mastercard.
  2. Nilai saldo minimum adalah Rp 10.000,00 dan maksimum Rp 10.000.000,00. Artinya Anda tidak dapat merequest VCC untuk pembelian barang dengan nilai di atas Rp 10 juta.
  3. VCC dapat segera digunakan dan akan expired setelah 96 (sembilan puluh enam) jam atau sekitar 4 (empat) hari sejak dibuat.
  4. Setiap VCC hanya berlaku untuk 5 (lima) transaksi.
  5. Tidak ada biaya yang dikenakan dalam pembuatan VCC.
  6. Saldo yang tersisa setelah transaksi tidak akan hangus.
  7. Setiap transaksi VCC akan terlihat dalam Transaction History pada akun online banking Anda.

No comments: