Friday, January 26, 2018

Hifi BT 4.1 Receiver Bluetooth Boombox ; Cara Mudah Mendengarkan Musik dari HP ke Speaker Aktif

Dulu, jika kita ingin memutar lagu-lagu favorit melalui speaker aktif, terlebih dahulu kita harus menyiapkan alat pemutar berupa CD/VCD/DVD/MP3 Player dimana audio out dari pemutar muski tersebut kemudian disambungkan ke aux-in speaker aktif. Bagaimana jika file-file musik tersebut lebih banyak tersimpan di handphone atau perangkat android ?.

Melalui kemajuan teknologi yang sangat pesat, kini Anda dapat mendengarkan musik atau lagu-lagu yang tersimpan di android ke speaker aktif yang Anda miliki sehingga terdengar lebih keras dibanding hanya didengarkan melalui speaker HP. Syaratnya simple, perangkat HP Anda memiliki fitur bluetooth. Tinggal Anda mencari perangkat khusus untuk menghubungkan audio dari HP ke speaker aktif yaitu sebuah alat yang bernama bluetooth audio receiver.

Merk yang beredar di pasaran sangat banyak, namun yang saya coba beli adalah Hifi BT 4.1 Receiver Bluetooth Boombox made in China seharga Rp 133.000,00 (belum termasuk ongkir). Alat ini memiliki built-in baterai polimer 300 mAh yang tertanam di bodynya dan dapat dicharge melalui kabel USB charge yang sudah termasuk dalam paket pembelian dari sananya. Dalam box, Anda juga akan mendapatkan 2 (dua) jenis kabel aux 2 (dua) yaitu kabel aux tunggal (tanpa cabang) yang dapat dihubungkan ke perangkat head unit mobil, dan satu lagi kabel aux ganda (bercabang) yang dapat dipasang ke lubang 3.5 mm aux-in speaker aktif.

Dalam buku panduan (user manual) disebutkan bahwa transmisi alat ini dapat menjangkau sampai jarak sekitar 20 m (di ruang terbuka), fast connection, dan menjaga kualitas audio yang baik (dengan adanya sirkuit AEC echo cancellation dan ANC noise elimination). Waktu kerja (working time) alat ini adalah sekitar 8 sampai 10 jam. Untuk mencharge dari nol sampai penuh diperlukan waktu sekitar 3 jam.

Cara Pemakaian 
  1. Sambungkan kabel aux ke speakar aktif atau head unit mobil Anda.
  2. Tekan tombol On-off dan tahan sekitar 8 detik, lampu flash warna biru-merah akan muncul.
  3. Aktifkan fitur bluetooth di android Anda lalu lakukan pairing ke bluetooth device bernama "Soeasy188" sampai sukses terkoneksi (ditandai dengan berubahnya warna flash biru-merah menjadi warna biru saja).

Sekarang, coba putar musik atau lagu di HP yang akan ditransmisikan ke speaker aktif Anda. Dari percobaan yang saya lakukan, alat ini sudah cukup bagus dan dapat berfungsi dengan baik meski di awal-awal pairing tidak langsung muncul nama device-nya di perangkat android yang saya pakai. Anda mungkin tertarik untuk mencobanya ?.    
      Paket kiriman yang dibeli dari Lazada
      Bisa disambungkan ke speaker aktif maupun head unit mobil

      Fitur

      Unboxing

      Pemasangan alat

      Pairing sukses (lampu berwarna biru)

      Status pairing sukses di perangkat android

No comments: