Monday, February 12, 2018

Cara Redirect URL dari Custom Domain Lama ke Custom Domain Baru via Cloudflare

Ketika saya berhasil membuat custom domain baru blogspot dari custom domain lama, permasalahan muncul manakala URL domain lama masih terindex di Google sehingga ketika pengunjung Google meng-klik URL lama tersebut akan muncul halaman error.

Sebelumnya saya sudah memiliki TLD bernama "mylifejourneystory.com" yang saya setting sebagai custom domain blogspot. Dalam perjalanan waktu, nama domain di atas dirasa sulit diingat netizen sehingga saya kemudian membeli domain baru bernama "pojokcerita.com" untuk menggantikan custom domain lama. Dengan kata lain custom domain di blogger yang sebelumnya disetting ke "mylifejourneystory.com" saya ubah menjadi "pojokcerita.com". Caranya sudah saya uraikan di sini. Mengingat custom domain lama sudah ter-index dengan baik di Google, masalah muncul saat visitor meng-klik URL yang masih mengandung nama domain lama tersebut dimana halaman yang dituju menjadi tidak dapat dilihat lagi alias error page.
Bagaimana cara mengatasi persoalan ini ? Sedangkan kita tidak bisa melakukan redirect melalui cPanel karena hostingannya bukan merupakan hosting berbayar namun gratisan di blogger yang tidak memiliki cPanel.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan fitur "Page Rules" yang ada di Cloudflare, tempat dimana dilakukan setting DNS di sana untuk domain lama. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut  :

1. Login ke Cloudflare lalu masuk menu "DNS". Non aktifkan "A Record" (ada 4 record dengan value "216.239.32.21 dan seterusnya, yang dimatikan). Sisakan 2 (dua) record dipertahankan tetap aktif yaitu CNAME Record namun kolom "Name" dan "Value"nya diubah ke parameter yang dipakai pada custom domain baru yang telah dibuat di blogger.
2. Masuk menu "Page Rules" lalu setting redirect sebagai berikut :

"http://www.mylifejourneystory.com/*" redirect to "http://www.pojokcerita.com/$1" dan
"http://mylifejourneystory.com/*" redirect to "http://www.pojokcerita.com/$1" 

Note : "mylifejourneystory.com" adalah nama domain lama.
           "pojokcerita.com" adalah nama domain baru.  
3. Cek kembali data nameserver yang ada di domain management yang baru dimana harus diarahkan ke nameserver yang diberikan oleh Cloudflare.
4. Sekarang cek setiap URL di Google yang masih mengandung nama domain lama, maka seharusnya setiap URL tersebut akan ter-redirect ke URL yang mengandung nama domain baru.

No comments: