Tuesday, February 13, 2018

Mencoba Kirim atau Transfer Uang Bebas Biaya via Aplikasi Flip

Flip yang dibuat dan dikembangkan oleh beberapa alumni UI (Universitas Indonesia) dan sudah mengantongi lisensi Bank Indonesia, disebutkan dalam halaman website sudah berhasil melakukan proses transfer dengan nilai transaksi terakumulasi sebesar Rp 1 milyar bagi lebih dari 150 ribu pengguna sejak Oktober 2016.

Aplikasi ini juga dijanjikan dapat memberikan keamanan bagi usernya dimana data personal pengguna akan di-enskripsi menggunakan AES-128 sehingga tidak akan dapat terbaca oleh orang lain.

Untuk memberikan jawaban apakah benar aplikasi Flip ini berjalan dengan baik, saya telah melakukan percobaan dalam rangka proses pengiriman uang secara online dari CIMB Niaga ke BRI. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut  :

1. Masuk atau login ke akun Flip (register dulu jika belum terdaftar).
2. Klik "Kirim Uang". 
3. Isikan data-data rekening berupa data bank pengirim, bank tujuan, dan nominal uang yang akan ditransfer. Klik "Verifikasi Rekening Tujuan" dimana Flip akan melakukan verifikasi nomor tujuan.
Jika tujuan pengiriman ke BRI maka dalam halaman selanjutnya Flip akan menampilkan data nomor rekening Flip sebagai "jembatan" transaksi antar bank. Secara prinsip, Flip akan menyesuaikan data nama bank pengirim, jika bank pengirim menggunakan CIMB Niaga maka Flip akan memunculkan data nomor rekening CIMB Niaga an Flip sebagai "jembatan" transaksi. Lalu klik "Verifikasi Rekening Tujuan".
5. Dalam halaman "Review Pengiriman" tercantum data-data rekening pengirim dan tujuan. Klik "Lanjut ke Pengiriman". 
Dalam halaman Rincian Pengiriman ada kode unik yang harus ditambahkan dalam nilai transfer, misal "65". Klik "Lanjutkan". 
6. Pada halaman "Syarat & Ketentuan Transfer", klik "Siap. Saya Setuju". Akan muncul data detail transaksi dimana Flip akan memberitahukan nomor rekening Flip sebagai rekening "jembatan" transaksi (nama bank akan menyesuaikan dengan nama bank pengirim).
7. Buka aplikasi online atau internet banking Anda, misalnya untuk nasabah CIMB Niaga dapat menggunakan cimbclicks.co.id. Transfer sesuai nilai yang tertera (termasuk kode unik) ke nomor rekening Flip CIMB Niaga.
8. Jika sudah transfer, kembali ke halaman Flip dan klik "Saya Sudah Transfer".
9. Flip akan melakukan proses pentransferan sesuai nomor urut (dalam kasus saya ini masuk antrian 43).
10. Setelah sukses, unduh bukti transfer sebagai dokumen arsip.

Sebagai tambahan informasi, layanan gratis Flip ini dibatasi untuk transaksi maksimal Rp 5 juta per hari. Jika ingin meningkatkan limit transaksi, Anda dapat menggunakan layanan Flip+. 

No comments: