Thursday, September 20, 2018

Cara Mengatasi HDD Eksternal Lambat Terbaca PC atau Laptop


Dalam suatu kasus, HDD (harddisk drive) eksternal WD Passport yang saya miliki terlalu lambat terdeteksi oleh PC maupun laptop. Kecurigaan awal bersumber dari kualitas kabel HDD eksternal yang dikhawatirkan sudah tidak bagus lagi alias sudah rusak.

HDD eksternal

Ternyata kecurigaan tersebut tidak terbukti setelah dicoba dicarikan kabel pengganti yang baru. Problem yang sama masih terus berlanjut sehingga dugaan atas lambatnya HDD eksternal tersebut beralih ke sumber penyebab lain.

Karena sebelumnya tidak dilakukan prosedur standard pengecekan awal yang seharusnya dilakukan sebelum dugaan beralih ke penyebab lain maka saya mencoba melakukan analisa kesehatan HDD eksternal dengan beberapa langkah dalam OS Windows 7 yaitu sebagai berikut :

  1. Masuk menu “Start – Control Panel – System and Security – Defragment your hard drive.
    defrag
  2. Klik tombol “Defragment disk” dan tunggu sampai proses defrag selesai.
  3. Dalam menu ”System and Security” pilih ”Free up disk space” lalu pilih “HDD External” dan klik tombol “OK” untuk memulai membersihkan file-file yang tidak diperlukan.
    disk cleanup
  4. Selanjutnya pada Windows Explorer, lakukan klik kanan pada HDD External lalu pilih ”Properties”.
  5. Pilih menu ”Tools – Error-checking” lalu klik tombol ”Check now”.
    error checking
  6. Pada jendela dialog box baru, check atau centang pilihan “Scan for and attempt recovery of bad sectors”. Proses ini akan memerlukan waktu yang sangat lama (bisa seharian) sehingga harus dipastikan PC atau laptop selalu dalam posisi tidak terputus aliran listriknya.
    error-checking
Dari pengalaman yang saya alami, setelah keenam proses di atas dilalui terdapat perubahan signifikan ketika PC atau laptop membaca keberadaan HDD eksternal. Proses pendeteksian HDD eksternal berjalan lebih cepat dibanding sebelum dilakukan tahapan-tahapan pada proses di atas. 

No comments: