Sunday, July 29, 2018

Cara Menjadikan HP Andromax Prime 4G LTE sebagai Perangkat Wifi Hotspot

Ketika Smartfren mengeluarkan promo berupa paket internet unlimited dengan biaya hanya sebesar Rp 60.000,00 sebulan (dari harga awal sebelumnya sekitar Rp 150.000,00), saya seperti ”terhipnotis” untuk mencoba layanan tersebut.

Jika operator selular lain masih menggunakan metode kuota, Smartfren mengeluarkan ”jurus” ampuh untuk memikat konsumen dengan menyediakan akses data internet 4G terbarunya yang diklaim ”true unlimited”. Dalam situs resmi Smartfren disebutkan bahwa produk ini memiliki 3 (tiga) keunggulan, yaitu : (1) bisa dipakai di semua aplikasi (browsing, chating, social media, dan lain-lain), (2) bisa dipakai kapan saja (pagi, siang, sore, dan malam), dan (3) bisa untuk semua (dengan harga Rp 60.000,00 sebulan dapat menjangkau semua kalangan).

Maka mulailah saya ”berburu” HP Smartfren yang dapat mendukung layanan mereka meski sebenarnya untuk handphone merk tertentu sudah dapat mensupport jaringan Smartfren, yaitu handphone yang memiliki spesifikasi frekuensi LTE 850 MHz (band 5) atau 2300 MHz (band 40). Salah satu HP keluaran Smartfren yang mendukung frekuensi di atas adalah Andromax Prime 4G LTE yang dibandrol sekitar Rp 250.000,00 (sudah include kartu perdana plus free internet 4G selama 1 bulan).
andromax
Jika Anda membuka fitur standard Andromax Prime, sebenarnya tidak ada fasilitas untuk menjadikan perangkat ini sebagai wifi hotspot kecuali bertindak layaknya modem biasa dengan menghubungkannya dengan PC atau laptop. Namun dengan sedikit trik, Anda dapat mengubah Andromax Prime tersebut menjadi perangkat wifi hotspot.
andromax
Langkah-langkah yang diperlukan adalah sebagai berikut  :
  1. Pastikan Andromax Anda terlebih dahulu terhubung ke wifi hotspot yang ada (kantor atau rumah) untuk mendownload firmware terbaru Andromax Prime Anda secara OTA (Over The Air). Setelah itu masuk menu ”Ekstra – Pembaruan Sistem” dimana akan terlihat layar yang memberitahukan versi saat ini (misal : Andromax F17A1H V3.2).
    andromax
    Lalu pilih ”Memeriksa versi baru”.  
  2. Pilih ”Mengunduh” untuk mulai melakukan proses download firmware terbaru. Untuk versi Andromax F17A1H V4.8 berukuran 30,24 MB sehingga membutuhkan koneksi wifi yang lancar. Tunggu sampai proses download mencapai 100%.
    andromax
    Jika sudah ada informasi yang berbunyi ”Pembaruan paket Andromax F17A1H V4.8 from V3.2 telah diunduh dan siap untuk dipasang” maka bisa langsung pilih ”Pasang”.
    andromax
    Jangan matikan HP selama proses tersebut berlangsung. Selanjutnya HP akan melakukan rebooting dan akan tampil seperti biasa namun dengan penambahan menu baru yaitu ”Hotspot”.
  3. Selanjutnya, setting hotspot pada perangkat Andromax Anda dengan memasuki menu ”Pengaturan – Hotspot”.
    andromax
    Anda tinggal mengaktifkan fitur tersebut dengan menggeser pilihan tersebut, dan setelah memberi nama hotspot dan password WPA2, Anda kini dapat dengan mudah berbagi internet 4G Smartfren unlimited dengan gadget lainnya.
    andromax

No comments: