Monday, September 3, 2018

Aksesoris HP untuk Mendukung Swafoto


Bagi Anda yang suka melakukan travelling atau perjalanan tentunya tidak ingin melewatkan sejumlah momen indah di tempat-tempat tertentu yang menurut Anda perlu didokumentasikan dalam bentuk foto. Namun swafoto (selfie) dengan hanya berbekal HP tanpa peralatan atau aksesoris tambahan tidak menjanjikan hasil foto yang memuaskan.

Dengan berbekal peralatan tambahan kini Anda dapat lebih leluasa untuk mengambil swafoto dengan hasil yang lebih baik sesuai selera. Dalam hal ini diperlukan aksesoris tambahan untuk menunjang aktivitas tersebut berupa :

1.            Tripod HP + U Holder
Tripod yang diperlukan di sini bukanlah jenis tripod besar karena yang dibutuhkan adalah jenis tripod untuk HP dengan material ringan namun kuat, ukuran kecil, fleksibel dalam penggunaan, dan dapat mensupport HP yang Anda gunakan. Biasanya orang lebih banyak menggunakan tongsis dibanding tripod sebagai bekal dalam berswafoto ria, namun hasilnya tentu tidak maksimal. Saya menyarankan Anda agar dapat mengganti tongsis dengan tripod untuk dapat menghasilkan foto-foto dengan metode pengambilan gambar yang beragam. Salah satu merk yang dapat direkomendasikan adalah seperti yang ada pada gambar di bawah ini dimana tripod jenis ini memiliki tinggi minimal 35 cm dan maksimal 100 cm dengan dilengkapi free u holder, waterpass fliplock, dan rubber anti slip pada 3 (tiga) kaki-kakinya. Harga di market place terbilang murah yaitu di kisaran di bawah Rp 100.000,00. Karena android yang saya pakai berukuran 6,5 inci sedangkan u holder bawaan tripod hanya dapat dipakai untuk HP berukuran di bawah itu maka saya harus menggantinya dengan u holder baru yang lebih besar (jumbo) dengan harga sekitar Rp 20.000,00.

2.            Bluetooth Remote Shutter
Aksesoris atau peralatan tambahan kedua adalah remote shutter yang mensupport bluetooth versi 3.0 sehingga tidak perlu difungsikan “self timer” untuk menghitung mundur saat proses pengambilan gambar. Tombol kamera diganti dengan remote shutter ini yang sudah dilengkapi dengan baterai CR2032. Agar dapat digunakan, lakukan terlebih dahulu proses pairing dengan perangkat android Anda (akan terdeteksi dengan nama ”AB Shutter3”). Perangkat ini kompatibel dengan android 4.2.2 maupun iOS 6.0 dan dapat dioperasikan pada jarak sejauh maksimum 10 (sepuluh) meter dengan gadget Anda. Harganya cukup murah yaitu sekitar Rp 30.000,00 saja. 

Setelah kedua perangkat tambahan di atas selesai disetting, Anda kini dapat melakukan swafoto dengan berbagai sudut pengambilan gambar beserta ketinggian dan jarak yang bervariasi sehingga dapat meningkatkan kualitas foto yang Anda inginkan. Selamat mencoba !.  

No comments: