Cara Mengcopy atau Memindahkan Data Kontak Telpon dari HP Asus ke HP Xiaomi Mi Max 2 - POJOKCERITA

Saturday, August 18, 2018

Cara Mengcopy atau Memindahkan Data Kontak Telpon dari HP Asus ke HP Xiaomi Mi Max 2

Dalam sebuah kejadian, saya hendak memberikan HP lama (Asus Zenfone) dan rencananya HP tersebut akan saya serahkan ke istri atau anak, namun kendalanya ada banyak data kontak yang sudah tersimpan di HP lama tersebut. Apakah data-data kontak dapat ikut dipindahkan ke HP baru ?.

Setelah melalui berbagai upaya akhirnya saya berhasil memindahkan data kontak HP Asus Zenfone 2 (lama) ke Xiaomi Mi Max 2 (baru) melalui transfer ke external storage (microSD) dengan cara sebagai berikut  :

A.           Proses Ekspor Kontak
  1. Klik icon bergambar gagang telpon (”Phone”) pada menu home Asus Anda.
    asus
  2. Klik icon bergambar orang di bagian atas dari menu ”Phone”.
    asus
  3. Klik icon bergambar kotak kecil berjejer 3 ke bawah yang berada di sebelah sisi kanan menu ”Phone” lalu pilih ”Manage contacts”.
    manage contacts
  4. Pilih ”Import/Export – Export to storage”.
    asus
  5. Pilih sumber kontak (choose a contact source) ”All contacts”, lalu akan muncul pertanyaan, “All your contact list will be exported to file:/storage/emulated/0/00001.vcf”. Pilih yes dan tunggu sampai proses ekspor selesai.
    asus
  6. Cek lokasi file 00001.vcf (dalam kasus saya, file tersebut tersimpan di ”Internal storage – root – sdcard”sehingga harus dipindahkan dulu ke microSD.

B.           Proses Impor Kontak
  1. Matikan HP lama dan cabut microSD yang tertanam di dalamnya, lalu pasang di HP baru sebagai tempat baru data kontak.
  2. Masuk menu ”Setting – System apps – Contacts – Import/Export contacts”.
    xiaomi
  3. Pilih “Import from storage” lalu akan muncul pertanyaan “Create contact under account : Phone or Google ?”. Pilih “Phone”.
    xiaomi
  4. Pilih “Allow” untuk menjawab pertanyaan “Contact and dialer to access photo, media and file on your device ?”. Setelah terdeteksi filenya, pilih “OK” untuk memilih vCard file. Akan muncul pesan “The file will be imported shortly”.
    xiaomi
  5. Slide ke bawah halaman homescreen HP Mi Max Anda dan akan muncul informasi “Finished importing vCard 00001.vcf”.
    xiaomi
Note : Kunci keberhasilan dalam proses pemindahan data kontak di atas adalah file .vcf dapat terdeteksi di HP baru. Apabila pemindahan data kontak tidak dapat dilakukan melalui microSD, cara lain yang lebih ringkas atau simple adalah dengan mentransfer file tersebut melalui bluetooth sehingga tidak perlu bongkar pasang microSD.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda