Sunday, March 31, 2019

Agar Macbook OS Sierra Bisa Menginstall Software dari CD

Sebelum versi OS Sierra dikeluarkan, pengguna Macbook bisa melakukan instalasi software dari berbagai sumber yang tidak dibatasi. Namun sejak OS Sierra diperkenalkan kepada penggunanya, kini pemakai hanya dapat melakukan instalasi aplikasi atau software yang sudah ter-verifikasi Apple seperti melalui App Store maupun developer yang menurut Apple dinyatakan terpercaya. 

Macbook adalah salah satu perangkat laptop yang sangat memperhatikan aspek security atau keamanan sistem sehingga pengguna Macbook dapat terlindungi dari berbagai aplikasi, software, atau virus yang bersifat merusak. Fitur yang melindungi pengguna ini disebut Gatekeeper yang dapat dilihat pada menu “System Preferences - Security & Privacy”. Sebagai contoh, dalam gambar di bawah terlihat adanya jendel informasi yang dimunculkan saat pengguna Macbook ingin menginstall aplikasi yang tidak dikenal sehingga tidak dimungkinkan untuk dipasang di Macbook Anda.

macbook

Untuk mengubah settingan default Gatekeeper tersebut, Anda dapat melakukan modifikasi pada aplikasi Terminal dengan langkah awal membuka aplikasi itu lewat Launchpad lalu ketik “Terminal” di kolom “Search”. Ketikkan baris berikut di menu Terminal tersebut : “sudo spctl –master-disable” (tanpa tanda petik) lalu enter.

macbook
Setelah melakukan langkah ini maka cek lagi settingan “Security & Privacy” pada “System Preferences”. Jika berhasil akan muncul baris baru di bagian bawah yaitu “Anywhere” sehingga memungkinkan Anda untuk menginstall berbagai aplikasi selain dari App Store dan identified developers. Misal Anda ingin memasang suatu aplikasi yang Anda beli melalui CD atau hasil download di internet, maka dengan mengubah settingan di atas, Anda kini dapat melakukannya dengan mudah.

macbook

Bagaimana jika Anda ingin mengubah kembali settingan kemanan tersebut ke bawaan Macbook OS Sierra ?. Caranya sama yaitu masuk ke Terminal lalu ketikkan baris berikut : “sudo spctl –master-enable”. Maka sistem keamanan Macbook Anda akan kembali ter-setting ke original Macbook OS Sierra.  
Previous
« Prev Post

Related Posts

Agar Macbook OS Sierra Bisa Menginstall Software dari CD
4/ 5
Oleh