Mengunjungi AA International Indonesia ; Kantor Bernuansa Homy di Jakarta - POJOKCERITA

Tuesday, July 2, 2019

Mengunjungi AA International Indonesia ; Kantor Bernuansa Homy di Jakarta

Desain kantor yang biasanya dibuat berdasarkan sekat-sekat kaku dengan ruangan beton tertutup rapat buat para pejabatnya kini mulai ditinggalkan oleh beberapa perusahaan modern.

Salah satu desain kantor jaman milenial yang paut diacungi jempol adalah PT AA International Indonesia yang berlokasi di TIFA Building, Mampang Prapatan. Dan hal itu sudah saya buktikan sendiri saat melakukan kunjungan bisnis ke perusahaan tersebut.

Di tengah-tengah kesibukan para karyawan yang sibuk melakukan tugasnya yang begitu ketat karena SLA-nya selalu dimonitor dengan transparan melalui layar yang terpampang di ruangan kerja, tak disangka terdapat sisi lain yang membuat suasana kerja yang kaku berubah menjadi penuh kehangatan.

PT AA International Indonesia sendiri merupakan sebuah perusahaan jasa assistensi (assistance company) yang menjadi bagian dari IAG (International Assistance Group) di Indonesia. Jasa yang ditawarkan melalui staf yang telah digodok secara professional ini antara lain layanan International Medical Assistance, Third Party Assistant, dan Administrative Service Only.

Manajemen perusahaan tampaknya begitu memahami bahwa karyawan merupakan asset berharga bagi perusahaan sehingga diperlukan suasana kerja yang membuat karyawan betah di tengah-tengah deadline kerja yang begitu padat. Maka untuk menurunkan ketegangan kerja, manajemen perusahaan membuat sebuah ruangan yang dapat digunakan sebagai tempat para karyawannya mengeksplorasi setiap ide-ide yang dimiliki.

Dengan melihat tata letak ruangan khusus yang begitu nyaman (cozy room), dapat dipahami bahwa perusahaan ini tampaknya ingin serius menciptakan keseimbangan kerja diantara karyawannya. Elemen-elemen yang diciptakan dalam ruangan khusus ini dibuat dengan memperhatikan aspek penyatuan yang harmonis mulai dari jenis furniture yang disediakan beserta aksesoris lain yang ada. Pemilihan warna dinding dan tata pencahayaan yang tepat berhasil menciptakan suasana rumah (homy) yang dapat membuat siapa saja betah berlama-lama di dalamnya.

Uniknya, layout dan desain ruangan khusus tersebut akan diubah secara reguler setiap beberapa bulan sekali melalui usulan dan masukkan dari para karyawannya sendiri. Dengan cara ini karyawan maupun tamu yang berkunjung ke sana akan mendapatkan kesan positif yang mendalam. Maka jangan heran jika suatu saat ruangan khusus di perusahaan tersebut dapat disulap sesuka-sukanya karyawan, mulai dari coffee shop sampai ruangan teater atau gedung film dimana diluar jam kerja karyawan bisa menonton bareng film-film box office atau menyaksikan pertunjukan teatrikal. Very amazing !.   
AA International Indonesia

AAI

AA International Indonesia

AA International Indonesia

AAI

AAI

AA International Indonesia

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda