Wisata Jalan Kaki di Sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin Jakarta

Kali ini saya mencoba mengeksplore jalur pedestrian sepanjang Jalan Sudirman – MH Thamrin yang berhasil "disulap" sedemikian rupa sehingga memberikan kenyamanan yang optimal bagi para pejalan kaki yang melewatinya.

Saat itu saya baru turun dari Commuterline Jurusan Duri – Bogor yang berhenti di Stasiun Sudirman. Sengaja saya turun di stasiun ini untuk melanjutkan walking around alias berjalan kaki dari arah Stasiun Sudirman ke arah Bundaran HI dengan menyusuri pedestrian Jalan Jend Sudirman dan Jalan MH Thamrin, tepatnya sampai Halte Transjakarta Sarinah.

Penataan ulang pedestrian yang berada di sepanjang jalan tersebut pada dasarnya sudah dirancang lama yaitu sejak gubernur DKI dijabat oleh Basuki Tjahaya Purnama a.k.a Ahok yang diteruskan di era Djarot Saiful Hidayat dan disempurnakan serta diselesaikan di masa gubernur Anies Baswedan. Awalnya renovasi ulang pedestrian itu dilakukan guna menyambut pelaksanaan Asian Games 2018. Trotoar yang awalnya terbilang sempit atau hanya sekitar 3 (tiga) meter berhasil disulap hingga menjadi lebih lebar sekitar 9 – 10 meter dengan cara menghilangkan jalur lambat.

Maka ketika penataan ulang rampung di jaman Anies Baswedan, warga Jakarta dapat melihat perubahan yang signifikan dimana trotoar yang sebelumnya sempit dan terkesan kumuh kini menjadi lebih bagus dan nyaman untuk dilalui. Kondisi ini tentu saja memberikan suasana baru bagi para pejalan kaki yang melalui jalur tersebut. Warga Jakarta dapat leluasa menikmati suasana malam di sepanjang Jalan Sudirman – Jl MH Thamrin tanpa perlu terganggu dengan suasana lalu lintas di sekitarnya. Dan dengan rampungnya pembangunan Stasiun MRT Sudirman maka masyarakat yang tinggal di daerah Jakarta bagian selatan dapat mengakses tempat ini dengan mudah .

Fasilitas yang tersedia bagi pengunjung di sepanjang pedestrian Sudirman - MH Thamrin ini antara lain bangku-bangku taman yang dibuat di beberapa titik, ubin pemandu penyandang disabilitas, peta petunjuk jalan, dan lain-lain. Dari sini dapat dilihat bahwa Pemprov DKI Jakarta cukup serius untuk menata kotanya agar lebih dirasakan ramah dan nyaman bagi para warganya. Nah, bagi Anda yang ingin berfoto di spot yang instagramable, Anda patut mengunjungi lokasi ini.

Sudirman
Sudirman
Sudirman
Sudirman
Sudirman
Sudirman
Sudirman
Sudirman
Sudirman
MH Thamrin
MH Thamrin
Sudirman
MH Thamrin
MH Thamrin
MH Thamrin
MH Thamrin
MH Thamrin
MH Thamrin
MH Thamrin
MH Thamrin