Mengamati Koleksi Begonia di Rumah Kaca, Taman Bunga Nusantara

Selain memiliki berbagai koleksi tanaman bunga yang ditanam di lahan terbuka, Taman Bunga Nusantara juga memiliki koleksi tumbuhan yang dibudidayakan di dalam rumah kaca yaitu Begonia.

Dalam dunia tanaman, Begonia merupakan salah satu jenis tumbuhan yang menjadi favorit bagi para penggemar tanaman hias. Tanaman ini cocok ditanam di pekarangan atau dijadikan sebagai tanaman gantung di pot.

Saat ini di dalam rumah kaca tersebut terdapat koleksi tanaman yang disebut sebagai Begonia (begitu mendengar kata ini, kita mungkin akan sedikit tersenyum kecut karena ada kata “bego” di situ). Orang yang belum pernah mengetahui atau mendengar kata ini bisa jadi merasa menjadi orang “bego” karena ketidaktahuannya tersebut...hehe...

Begonia sendiri adalah tanaman perenial dari keluarga Begoniaceae yang memiliki lebih dari 1800 species. Tanaman ini berasal dari daerah sub-tropis dan tropis yang pertama kali ditemukan oleh seorang biarawan Amerika Selatan bernama Charles Plumier pada tahun 1690. Selanjutnya, tanaman ini diberi nama Begonia yang diambil dari nama belakang gubernur Saint Dominique (Haiti) bernama Michel Begon.

Begonia memiliki banyak variasi bentuk dan warna daun dimana keunikannya terletak pada bentuk daun yang tidak simetris sehingga jika dilipat maka ujung-ujung daunnya tidak akan saling berhimpitan. Bentuk daun beragam, ada yang oval, menjari, seperti daun palem, terompet, dan lain-lain. Sementara bunganya merupakan bunga majemuk yang muncul di bagian “ketiak” daun atau ujung batang. Warna bunganya beragam, mulai dari kuning, putih, merah muda, dan sebagainya.  

Di seluruh Indonesia, jumlah varian Begonia diperkirakan sekitar 200-an jenis dimana warna dan corak daunnya cukup bervariatif dan beragam. Dari sejumlah itu, koleksi yang ada di Rumah Kaca Taman Bunga Nusantara antara lain Begonia listada, Begonia rex, Begonia rhizomatus, Begonia heraclifolia, Begonia masontana, dan lain-lain.

Di negara Cina, Begonia dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit seperti sakit perut, gejala sakit ginjal, pembengkakan, dimana getahnya dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi serta bunganya dipakai sebagai obat luka bakar. Di beberapa negara lain, Begonia yang memiliki kandungan vitamin C tinggi dipakai sebagai pengganti jeruk untuk mengobati penyakit kudis.

Karena penasaran dengan isi koleksi Begonia yang ada dalam Rumah Kaca di lokasi Taman Bunga Nusantara, akhirnya saya memasuki bangunan tertutup tersebut dengan terlebih dahulu membayar karcis masuk sebesar Rp 5.000,00. Tentu tidak ada salahnya jika pas mengunjungi Taman Bunga Nusantara, Anda dapat mampir untuk menikmati koleksi Begonia yang ditanam di dalam Rumah Kaca ini.

Begonia
Begonia
Begonia
Begonia
Begonia
Begonia
Begonia
Begonia
Begonia
Begonia