Penangkaran Rusa, Taman Hutan Raya Ir H Djuanda, Bandung

Banyak traveler yang mungkin tidak tahu bahwa di dalam Kompleks Taman Hutan Raya (Tahura) Ir H Djuanda, Bandung, terdapat sebuah tempat menarik yang dapat dikunjungi yaitu penangkaran rusa.

Tidak jauh dari Jembatan Gantung Curug Koleang (menuju arah atas) atau sekitar 2 kilometer dari Goa Belanda, Anda akan menemukan sebuah areal khusus terbuka yang dikelilingi pagar kawat dimana sejumlah rusa berkeliaran di dalamnya. Untuk mudahnya, jika Anda datang dari arah Goa Belanda, setelah menyeberangi Jembatan Gantung Curug Koleang, susuri terus jalan setapak yang berada di sisi kiri aliran Sungai Cikapundung sampai ditemukan lokasi tersebut.

Rusa atau dalam bahasa latin Cervus timorensis adalah satwa asli asal Indonesia yang berstatus hewan dilindungi karena dikhawatirkan mengalami kepunahan. Hewan ini biasanya hidup di daerah dengan daaran terbuka dengan ketinggian hingga 900 sd 2600 mdpl. Tempat terbaik adalah berupa padang rumput yang ditumbuhi semak-semak serta pepohonan untuk berteduh. Disamping itu diperlukan persediaan air yang mencukupi untuk kebutuhan minum mereka.

Di beberapa tempat, rusa sengaja ditangkarkan karena bagian tanduknya yang disebut Antler dipercaya berkhasiat dapat menjaga kesehatan tulang manusia. Sementara di beberapa negara, daging rusa banyak digemari manusia karena kandungan gizinya yang baik dimana kadar proteinnya dipercaya lebih tinggi dibanding daging sapi.

Dengan bentuk tubuh yang anggun dan wajahnya yang cantik, binatang ini menjadi favorit bagi semua kalangan, tidak saja bagi anak-anak. Rusa jantan biasanya memiliki tubuh yang relatif lebih besar dibanding rusa betina. Rusa jantan juga ditandai dengan adanya tanduk bercabang di kepalanya.

Maka Anda pun bisa bercengkerama dengan rusa-rusa ini sambil memberi makan mereka (pakan telah disediakan dan dijual di lokasi penangkaran). Jangan lupa ya untuk ber-selfie ria dengan binatang kesayangan nan lucu ini !.

penangkaran rusa
penangkaran rusa
penangkaran rusa
penangkaran rusa
penangkaran rusa
rusa
rusa
penangkaran rusa
rusa
rusa
rusa
rusa