Masjid Jami’ Baitul Mughni, Kuningan, Jakarta Selatan

Jika Anda menggunakan kendaraan melewati Jl Jendral Gatot Subroto, terutama dari arah Grogol maka di sisi sebelah kiri jalan akan terlihat sebuah bangunan masjid megah bernama Masjid Jami' Baitul Mughni.

Masjid yang lokasinya sangat strategis (karena dikelilingi gedung-gedung komersial dan perkantoran) ini merupakan salah satu masjid tua yang ada di Ibukota Negara RI, Jakarta yang dibangun oleh salah seorang guru besar atau tokoh Islam Betawi, Al-Maghfur Lah Tuan Guru Haji Abdul Mughni bin Sanusi bin Ayyub bin Qais. Masjid ini didirikan pasca kepulangan Tuan Guru dari menimba ilmu di Mekah Al-Mukarramah pada tahun 1901. Perintisan pembangunan masjid diteruskan oleh generasi berikutnya dari keluarga Abdul Mughni meskipun pada saat awal-awal pendiriannya tidak mendapat rekomendasi dari pemerintah Belanda atas masukkan Snouck Hurgronje.

Masjid Jami’ Baitul Mughni tepat berada di sebelah gedung Menara Global yang menempati lahan seluas kurang lebih 6000 meter persegi yang terdiri dari 3 (tiga) lantai. Sejak awal pendiriannya, masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah bagi umat Islam namun juga tempat pendidikan dan penyebaran ilmu agama terutama bagi masyarakat Jakarta Selatan. Sampai saat ini di lokasi ini juga menyediakan fasilitas pendidikan secara lengkap mulai dari KB/TKIT sampai SMP.   

Memasuki ruangan utama sholat lantai 1 (satu), kita disuguhi dengan hamparan karpet berwarna hijau yang menutupi lantai masjid. Terdapat sekat dengan kain berwarna senada dengan warna karpet yang menjadi pembatas antara tempat sholat laki-laki dan perempuan. Kusen pintu dan ventilasi di atasnya yang berbentuk lengkungan setengah lingkaran menjadi aksesoris yang menarik dari interior masjid ini. Disamping itu juga keberadaan tempat atau mimbar khutbah dari kayu jati berukir dengan vernis coklat memberikan sebuah pemandangan khas dari masjid-masjid jaman dahulu. Aksesoris modern terlihat pada sepasang layar LCD TV yang menempel pada sisi kiri dan kanan depan dinding shaf pertama. Di bawahnya terdapat rak buku sebagai tempat menyimpan sejumlah mushaf Al-Qur’an. Jam bediri klasik model junghans berdiri kokoh di sisi kiri dan kanan dinding shaf pertama sebagai panduan waktu sholat bagi para jamaah yang hendak sholat di Masjid Jami’ Baitul Mughni.

Bagi Anda yang ingin menunaikan sholat sembari melepas penat dari hiruk pikuk suasana metropolitan, Anda dapat mengunjungi masjid ini yang berlokasi di Jalan Jendral Gatot Subroto Kav 26, Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Masjid Jami Baitul Mughni
Masjid Jami' Baitul Mughni
Masjid Jami' Baitul Mughni
Baitul Mughni
Masjid Jami Baitul Mughni
Baitul Mughni
Baitul Mughni
Baitul Mughni
Baitul Mughni
Baitul Mughni
Baitul Mughni
Baitul Mughni
Baitul Mughni
Baitul Mughni