Zundapp ; Sepeda Motor Buatan Jerman - Traveling, Sejarah, Budaya, Tokoh, Peristiwa, Ekonomi, Bisnis

Saturday, April 25, 2020

Zundapp ; Sepeda Motor Buatan Jerman

Merk motor ini memang terbilang cukup aneh dan terdengar kurang familiar di telinga masyarakat Indonesia (kecuali mungkin bagi penggemar motor klasik).

Zundapp adalah pabrikan sepeda motor asal Jerman yang berdiri pada tahun 1917 yang mengeluarkan model pertamanya, Z22 pada tahun 1921. Karena perkembangan penjualan yang tidak menunjukkan peningkatan, pada tahun 1984 perusahaan ini dinyatakan bangkrut dan menutup operasional perusahaan. Selanjutnya produksi dan hak cipta sempat dibeli oleh Xunda Motor Co. Yang bermarkas di Tianjin, China. Mereka memproduksi motor kecil Zundapp dari tahun 1987 sampai awal 1990.

Tidak disebutkan koleksi Zundapp yang terpajang di Museum Polri itu jenis dan tipe apa, namun dalam sejarahnya, Zundapp sendiri pernah memproduksi tipe KS 100 yang merupakan sepeda motor 2 (dua) langkah. Sedangkan tipe yang ukurannya lebih jumbo dan terkenal saat terjadi Perang Dunia II adalah tipe K800 yaitu sepeda motor yang layoutnya mengadopsi Honda dan satu-satunya yan menggunakan mesin berkapasitas 4 (empat) silinder guna mendukung angkatan bersenjata Jerman selama Perang Dunia II.

Zundapp juga pernah berkolaborasi dengan Royal Enfield (India) untuk memproduksi moped dan sepeda motor dengan membangun pabrik di Chennai, India pada tahun 1980.

Buat Anda yang ingin melihat salah satu sisa sejarah kejayaan Zundapp dapat mengunjungi Museum Polri di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Satu unit sepeda motor Zundapp berwarna putih berplat Kepolisian RI masih terlihat cukup apik berdiri di sebelah unit Harley Davidson WLA C Class. Hal ini menunjukkan bukti bahwa sepeda motor ini pernah dipakai sebagai salah satu kendaraan operasional kepolisian di jamannya.

Zundapp

Zundapp

Zundapp

Zundapp

Zundapp

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda