Aneka Senjata Api Jenis Revolver di Museum Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan - Traveling, Sejarah, Budaya, Tokoh, Peristiwa, Ekonomi, Bisnis

Wednesday, May 6, 2020

Aneka Senjata Api Jenis Revolver di Museum Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Kadang-kadang orang mencampuradukkan istilah “revolver” dan “pistol” meskipun keduanya sebenarnya memiliki mekanisme dan cara kerja yang berbeda. 

Pistol adalah senjata yang didesain untuk dipakai menggunakan satu tangan (one-hand gun) dimana ia hanya memiliki satu atau lebih stationary chambers. Dinamakan “pistol” karena berasal dari nama Pistoia yaitu sebuah nama kota di Italia sebagai asal mula tempat yang memproduksi senjata jenis ini. Sedangkan revolver adalah suatu kategori senjata api satu tangan yang memiliki beberapa chambers di dalam silinder yang berputar. Chamber sendiri secara aktual tidak akan terlihat dari luar karena berada di dalam body senjata api.

Beberapa jenis revolver yang tersimpan di Museum Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan antara lain sebagai berikut :

Revolver R1-V1

Senjata genggam R1-V1 yang memiliki caliber .038 ini adalah buatan PT Pindad yang diproduksi pada tahun 2005. Revolver ini mempunyai kapasitas amunisi sebanyak 6 butir peluru dengan berat kosong sekitar 0,8 kg dan panjang laras 4 inci.

Revolver Taurus .38 Special

Senjata genggam ini merupakan buatan Forjas Taurus, sebuah perusahaan manufaktur yang berbasis di Sao Leopoldo, Rio Grande do Sul, Brazil. Revolver jenis ini dibuat Taurus pada tahun 2000 yang memiliki panjang laras 4 inci dan kaliber .38 Special. Kapasitas amunisi adalah sebanyak 6 butir peluru dengan jarak tembak efektif mencapai 25 meter.

Revolver .38 COP (Colt Official Police)

Senjata dengan frame medium ini adalah Colt's Manufacturing Company, Amerika Serikat keluaran tahun 1950 yang memiliki kaliber .38 Special (thirty-eight special) dengan panjang laras 4 inci dan kapasitas amunisi sebanyak 6 butir peluru dengan jarak tembak efektyif 25 meter.

Revolver .38 CPPS (Colt Police Positive Special)

Senjata ini memiliki frame yang lebih kecil dibanding Revolver .38 COP. Sama-sama buatan Amerika Serikat keluaran tahun 1950 yang memiliki kaliber .38 Special dengan panjang laras 5 inci dan kapasitas amunisi sebanyak 6 butir peluru dengan jarak tembak efektif 25 meter.

Revolver .38 S&W CTG

Merupakan buatan Amerika Serikat tahun 1960 yang memiliki kaliber .38 Special dan panjang laras 4 inci dengan kapasitas amunisi sebanyak 6 butir peluru. Jarak tembak efektif dapat mencapai 30 meter. S&W adalah singkatan dari Smith & Wesson yang merupakan nama perusahaan manufaktur senjata api di Amerika Serikat.

Revolver LS .38/44

LS di sini kemungkinan merupakan singkatan dari “LadySmith” sebagai seri senjata genggam yang diproduksi oleh Smith & Wesson sejak awal abad 20. Revolver ini memiliki kaliber .9 yang memiliki kapasitas amunisi sebanyak 10 butir peluru dengan jarak tembak efektif 20 meter. Senjata yang diproduksi tahun 1945 sempat menjadi andalan tentara Jepang sebelum akhirnya dilucuti saat mereka kalah dari tentara Sekutu.

Revolver

revolver


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda