Pantai Melayu Batu Besar, Nongsa, Kota Batam - POJOKCERITA

Wednesday, November 17, 2021

Pantai Melayu Batu Besar, Nongsa, Kota Batam

Sebagai kota terbesar dan tersibuk di Provinsi Kepulauan Riau, Batam hadir dengan berbagai spot atau tempat wisata pantai yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu wisata pantai yang dapat dicoba untuk Anda kunjungi adalah Pantai Melayu yang berada di Kelurahan Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam yang berada di sebelah timur dari Pulau Batam. 

Layaknya desa pesisir pada umumnya, Kelurahan Batu Besar memiliki garis pantai yang menawan dan potensial untuk mendatangkan turis atau wisatawan. Di sepanjang garis pantai di Kelurahan Batu Besar ini, tidak hanya terdapat nama Pantai Melayu namun juga sebenarnya dijumpai nama pantai-pantai lain seperti Pantai Payung, Pantai Boneta, Pantai Lagorap, Pantai Ma' Dara, dan Pantai Sekilak.

Desa ini dinamakan Batu Besar karena konon pada jaman dahulu terdapat penampakan sebuah batu besar yang terletak sekitar 800 meter dari bibir pantai. Keberadaan batu tersebut menjadi alasan para pendahulu di sana untuk menamai desa ini dengan nama Batu Besar. 


Sepanjang jalan kampung menuju akses ke Pantai Melayu, kita akan disuguhi dengan pemandangan rumah-rumah penduduk lokal yang dikelilingi oleh pohon nyiur melambai yang menjulang. Karena tidak jauh dari pantai, hembusan angin yang sejuk dapat dirasakan di sini, berpadu apik dengan sayup-sayup suara deburan ombak saat air pasang.

Pantai ini dikelola secara mandiri oleh warga setempat dengan biaya parkir roda empat sebesar Rp 5.000,00 dan tiket masuk Rp 5.000,00 per orang. Di sini juga tersedia bilik air bersih bagi pengunjung yang ingin membersihkan diri setelah bermain di air laut. 

Sayangnya dari sisi kebersihan, pantai yang satu ini masih dinilai kurang. Hal ini dibuktikan dengan masih bertebarannya sejumlah sampah-sampah plastik bekas yang berserakan di mana-mana sehingga mengganggu kenyamanan pengunjung yang datang. Jika dikelola dengan baik tentunya pantai ini memiliki potensi yang lebih besar lagi untuk mendatangkan wisatawan baik domestik maupun asing.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda