Thursday, February 15, 2018

Cara Mendaftar Lelang Domain di GoDaddy Auctions

Begitu pesatnya dunia internet dapat dilihat dari semakin meningkatnya jumlah domain yang didaftarkan oleh registrant di seluruh dunia. Verisign.com melansir dalam halaman webnya bahwa sampai Q1 2017 terdapat lebih dari 330 juta nama domain yang beredar di internet di seluruh dunia.

Dengan semakin fenomenalnya pengguna domain di seluruh dunia tentunya membuka celah bagi bisnis yang terkait dengannya yaitu bisnis jual beli domain. Mengapa demikian ?. Ibarat sebuah hak cipta, sebuah nama domain berlaku unique, artinya hanya ada 1 pemilik untuk 1 nama domain dengan ekstension yang sama sehingga tidak mungkin dapat diklaim oleh orang atau pemilik yang berbeda. Oleh karena itu domain bukan hanya sekedar alamat sebuah web namun ia dapat memiliki nilai intrinsik yang jauh lebih berharga dibanding nilai aslinya dalam rupiah saat didaftarkan melalui registrar. Semakin mudah diingat, nilai domain dapat melonjak secara tajam, apalagi jika terkait dengan sebuah brand corporate bisnis. Jika domain Anda yang semula hanya dibeli seharga ratusan ribu, tidak mustahil akan berlipat ganda harganya apabila diincar oleh orang atau perusahaan yang sedang membidik nama domain tersebut. Hal inilah yang kemudian membuka peluang adanya bisnis jual beli domain.

Mengapa GoDaddy Auctions ?. Memasang domain Anda untuk dilelang di sini mendapatkan berbagai keuntungan seperti biaya komisi yang rendah, layanan pembayaran melalui escrow, dan lain-lain. Maka saya akan mencoba share di sini tentang bagaimana cara mendaftar sebagai member GoDaddy Auctions serta melisting domain Anda untuk dilelang di sini.

Cara untuk memasarkan domain Anda di GoDaddy Auctions adalah sebagai berikut  :

1. Buat akun terlebih dahulu di GoDaddy (https://id.godaddy.com/) dengan memasukkan nama email, nama pengguna, kata sandi, dan PIN dukungan. Akun akan langsung aktif tanpa perlu aktivasi via email. Klik "Kunjungi Akun Saya" untuk melakukan perubahan data akun jika diperlukan.
2. Untuk memulai melelang domain, klik menu "Domain - Lelang - Lelang Domain" lalu klik tombol berwarna orange "Gabung Sekarang". Akan muncul halaman keranjang belanja dimana untuk dapat bergabung dalam keanggotaan lelang GoDaddy dibutuhkan biaya registrasi sebesar Rp 69.000,00 untuk jangka waktu 1 (satu) tahun. 
3. Klik tombol "Tambahkan pembayaran" dimana opsi pembayaran yang lazim dipakai adalah dengan kartu kredit.
Masukkan data-data kredit card Anda sebagaimana biasa.
Selanjutnya klik tombol "Selesaikan Pembelian".
4. Akan muncul halaman "Resi" sebagai bukti pembayaran yang telah Anda lakukan. Salinan resi tersebut juga akan dikirimkan ke alamat email Anda. 
5. Untuk melihat apakah menu jual beli domain di Godaddy Auctions sudah dapat diakses, login kembali ke https://id.auctions.godaddy.com/ lalu klik menu "Cantumkan Domain". Akan muncul kotak pemberitahuan yang berisi keharusan Anda untuk mengkonfigurasi jenis pembayaran atas hasil penjualan domain Anda. Klik "OK" untuk mengunjungi halaman dimaksud. 
6. Pada menu "Pengaturan", klik "Tambah jenis pembayaran - Tambahkan Penerima Pembayaran". 
Masukkan data-data pembayaran dengan 3 (tiga) pilihan metode payment yaitu eCheck/local bank transfer, wire transfer, dan paypal. Dalam hal ini saya mencoba memilih Paypal sebagai metode pembayaran atas hasil penjualan domain saya.
Klik "Next" untuk proses berikutnya. Isikan data alamat (address) dan nama (name) Anda pada kolom kosong di bawah "Statement". Klik "Next". Maka selesailah settingan untuk detail pembayaran GoDaddy Anda.
7. Untuk mulai melisting domain Anda yang akan dijual, akses lagi ke https://id.auctions.godaddy.com/ lalu klik menu "Cantumkan Domain" dan masukkan nama domain yang akan Anda listing dan jenis penawaran lelang. Misal saya mengambil pilihan "Tawaran/Tawaran Balik", lalu saya masukkan nilai tawaran minimal untuk salah satu domain saya sebesar USD 150.00. 
Pilih kategori domain Anda pada menu "Kategori" dan jelaskan atau deskripsikan domain Anda di kolom "Deskripsi" serta pilih payee name yang sudah dibuat sebelumnya. Check atau centang persetujuan atas TOS GoDaddy Auctions lalu klik tombol "Selesai". Jika masih muncul kalimat peringatan berarti ada kolom isian wajib (bertanda asterik merah) yang belum Anda isi. 
8. GoDaddy selanjutnya akan mereview kelayakan nama domain Anda untuk diproses dan terlist dalam daftar domain yang dijual di GoDaddy Auctions. Konfirmasi atas keberhasilan domain Anda di-submit ke GoDaddy Auctions akan dikirimkan via email. Namun sebelum domain Anda benar-benar ter-list, diperlukan langkah otorisasi domain yang link-nya akan diberikan melalui email. 
9. Setelah otorisasi domain dilakukan, sekarang cek nama domain yang Anda jual di https://auctions.godaddy.com/. Seharusnya nama domain Anda sudah ter-list di sana dan dapat dilihat oleh calon pembeli. 

No comments: