Saturday, March 31, 2018

Menyusuri Taman Honda, Tebet, Jakarta Selatan

Tak pelak lagi bahwa masyarakat atau warga yang tinggal di Jakarta selalu membutuhkan sarana dan fasilitas yang memadai guna melepaskan penat akibat aktivitas harian yang begitu padat. Salah satu cara untuk mengurangi kepenatan tersebut adalah dengan mengunjungi taman-taman terbuka hijau yang masih mampu mensuplai oksigen dengan kualitas yang baik.

Namun mendapati taman terbuka hijau di Jakarta yang populasi penduduknya semakin meningkat tentu bukan perkara mudah karena kebutuhan terhadap ruang pribadi juga semakin meningkat. Sehingga ketika kita melihat sebidang tanah yang masih ditumbuhi pepohonan seakan melihat sekapling “surga” di bumi. Hal ini dikarenakan semakin terjepitnya lahan terbuka hijau Jakarta di tengah-tengah masifnya pertumbuhan berbagai bangunan baru baik residential, perkantoran, maupun kawasan bisnis. 

Taman Honda yang berlokasi di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, merupakan salah satu taman kota yang masih eksis sampai sekarang. Taman ini diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta waktu itu, Fauzi Bowo, pada tanggal 28 Juli 2010. Sebelumnya taman ini dibiarkan dalam kondisi tak terawat dengan banyak ditumbuhi pepohonan dan semak belukar. Hingga kemudian, atas prakarsa Dinas Pertamanan DKI Jakarta bekerja sama dengan Honda Astra Motor, taman ini disulap menjadi sebuah taman kota yang indah dan terkelola dengan baik. Di sini juga dijadikan sebagai tempat pembibitan berbagai tanaman.

Pada saat akhir pekan, Taman Honda ini banyak dikunjungi warga sekitar Tebet dan daerah-daerah lain di sekitar Jakarta Selatan. Banyak yang memanfaatkan taman ini sebagai tempat rekreasi gratis atau sekedar berolahraga ringan seperti lari pagi, senam, bulu tangkis, dan lain-lain. Lapak pedagang dengan berbagai jenis barang dagangan juga ikut meramaikan suasana akhir pekan. Keunikan lain, di sini Anda dapat mengajak anak Anda mencoba berkeliling jalan raya di sepanjang sisi taman dengan menaiki andong atau delman berhias. Kapan lagi anak Anda dapat melihat kuda menarik penumpang di Jakarta ini jika tidak di Taman Honda, Tebet, Jakarta Selatan.


Taman Honda

Taman Honda

Taman Honda

Taman Honda Jakarta Selatan

Taman Honda

Taman Honda Tebet





Taman Honda

Taman Honda Tebet

No comments: