Tuesday, January 1, 2019

Metropole XXI, Bioskop Tertua di Jakarta

Metropole XXI merupakan salah satu cagar budaya yang memiliki nilai histori penting dalam perjalanan sejarah kota Jakarta. Hal ini diperkuat dengan keluarnya SK Gubernur DKI Jakarta No. 475 Tahun 1993 yang menyatakan bahwa bangunan Metropole XXI masuk dalam kategori cagar budaya kelas A.

Bangunan gedung ini telah mencapai usia 69 (enam puluh sembilan) tahun, tepatnya dibangun pada tanggal 11 Agustus 1949 dan selesai pada tahun 1951. Film perdana yang diputar di bioskop tertua di Jakarta ini adalah Annie Get Your Gun (1950) karya George Sidney. Beberapa tokoh pejabat yang menghadiri peresmian gedung bioskop ini adalah Rahmi Rachim (istri Wakil Presiden Muhammad Hatta), Sultan Hamengkubuwono IX, dan Haji Agus Salim.

Arsitek gedung bioskop Metropole yang berkapasitas 1700 orang penonton adalah Liauw Goan Seng, seorang warga keturunan Tionghoa yang mendesain gedung dengan gaya Art Deco yang sebagai pengembangan dari gaya Art Nouveau dimana desain Art Deco lebih menekankan aspek kesederhanaan jika dibandingkan gaya desain Art Nouveau yang menekankan pada aspek detail.

Dalam perjalanan sejarahnya, pada tahun 1960 bioskop Metropole berganti nama menjadi Megaria atas perintah Presiden Soekarno. Lalu sepanjang periode Orde Baru sempat berganti nama menjadi Megaria Theatre. Pada tahun 1989 gedung bioskop ini menjadi bagian dari jaringan 21 Cineplex sehingga namanya berubah lagi menjadi Metropole 21 lalu menjadi Megaria 21. Terakhir sejak tahun 2008 berganti nama menjadi Metropole XXI hingga sekarang meski ada sejumlah orang yang masih menyebutnya sebagai bioskop Megaria.  

Lokasi bioskop Metropole XXI berada di sudut Jalan Pegangsaan dan Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat. Akses termudah ke lokasi Metropole XXI dengan memakai transportasi umum adalah dengan menggunakan KRL Commuterline (berdekatan dengan Stasiun Cikini).

Metropole XXI


Metropole XXI

Metropole XXI

Metropole XXI

Metropole XXI

Metropole XXI

Metropole XXI

Metropole XXI

Metropole XXI

Metropole XXI

Metropole XXI

Metropole XXI
Previous
« Prev Post

Related Posts

Metropole XXI, Bioskop Tertua di Jakarta
4/ 5
Oleh