Cara Meng-insert Iklan Google Adsense di Bawah Artikel Postingan Blogspot

Secara default, postingan blogger atau blogspot tidak dapat diinsert atau disisipkan iklan Google Adsense (tidak ada widget yang tersedia) sehingga harus dilakukan cara lain agar iklan Adsense secara otomatis muncul di setiap akhir postingan artikel blogspot.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi trik tentang cara meng-insert atau menyisipkan iklan Google Adsense secara otomatis di bagian tengah postingan blogspot. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut  :
  1. Buka akun adsense Anda lalu copy script Adsense yang sudah Anda buat.
  2. Parse kode di atas terlebih dahulu sebelum diinsert ke kode html template blogger Anda. URL berikut dapat dipakai untuk memparse kode Adsense Anda : http://www.blogcrowds.com/resources/parse_html.php. Salinlah kode tersebut sementara ke notepad sebelum dipaste ke template blog nantinya.
  3. Masuklah ke akun blogger Anda lalu pilih menu ”Theme”. Buka file html-nya lalu cari (tekan tombol Ctrl+F) sederatan halaman html yang terdapat kode ”<data:post.body/>”. Mungkin akan ditemukan 3 sampai 4 kode tersebut. Untuk mudahnya, kode “<data:post.body/>” yang menunjukkan kode pada akhir postingan maka cari kode yang paling terakhir muncul (dalam contoh ini kode tersebut muncul 4 kali : pada baris 1255, 1507, 1521, dan 1539). Ambil kode pada baris 1539 atau yang terakhir sebagai patokan.
    adsense
  4. Tambahkan kode berikut di bawah kode “<data:post.body/>”  :
    adsense
  5. Ganti baris bertulis ”Kode iklan Adsense yang sudah di-parse” dengan kode Adsense yang sudah di-parse pada langkah nomor 2.
    adsense
  6. Save template lalu cek pada blogspot Anda. Jika langkah di atas dilakukan dengan benar maka tampilan iklan Adsense akan muncul seperti pada contoh di bawah.
    adsense
  7. Selesai.