Danau atau Kolam Gunting Kebun Raya Bogor

Di KRB (Kebun Raya Bogor), pengunjung sebenarnya tidak hanya dapat menyaksikan koleksi pohon-pohon menjulang dan tumbuhan lain yang mengelilinginya. 

Di sana juga terdapat pemandangan lain berupa danau atau kolam yang ditanami tanaman air dan di tengahnya terdapat semacam ”pulau kecil”. Di samping pulau itu terdapat air mancur yang dapat dijadikan sebagai background foto selfie pengunjung. Apabila beruntung, pengunjung juga akan dapat menyaksikan spesies burung yang mendiami pulau di tengah-tengah Danau Gunting tersebut antara lain burung Raja-udang Meninting dimana burung jenis ini suka berburu ikan di perairan sehingga sangat nyaman hidup di Danau Gunting Kebun Raya Bogor.

Keberadaan kolam ini juga berfungsi penting sebagai penjaga ekosistem bagi tanaman air sekaligus berfungsi ganda sebagai batas pemisah antara Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor. Maka banyak diantara pengunjung yang mengambil foto di tempat ini dengan latar belakang Istana Bogor. Pengunjung juga akan disuguhi pemandangan yang eksotis dimana di tepian danau yang berdekatan dengan kompleks Istana Bogor banyak ditumbuhi tanaman teratai yang bunganya menambah keindahan alam di sekitarnya. Spesies teratai yang ada di sana antara lain jenis Nymphaea alba, Rubra, dan yang paling terkenal adalah Victoria amazonica yang berasal dari sungai Amazon.

Di dekat kolam yang view jauhnya mengarah ke Istana Bogor ini juga terdapat Tugu Reindwardt (Reindwardt Monument) yang diresmikan pada tanggal 17 Mei 2006 oleh Duta Besar Jerman untuk Indonesia. Sebagaimana diketahui bahwa Reinwardt (nama lengkapnya Prof Caspar Georg Carl Reindwardt) adalah seorang ahli tanaman dari Jerman yang memprakarsai pendirian Kebun Raya Bogor tahun 1817 (waktu itu bernama ’s Lands Plantentuin te Buitenzorg).

Sekali lagi, sebagaimana di sejumlah tempat di lingkungan Kebun Raya Bogor yang kerap dibumbui cerita mistis, di Danau Gunting ini konon juga tersimpan cerita seram. Cerita yang dipercaya sebagian orang adalah munculnya noni Belanda di hutan yang berada di tengah danau. Sosok itu dipercaya sebagai Lady Raffles atau Olivia Mariamne Devenish yang merupakan istri Thomas Stamford Raffles. Monumennya sendiri yaitu Tugu Lady Raffles berdiri tidak jauh dari lokasi Danau Gunting di Kebun Raya Bogor itu. 


Danau Gunting

Danau Gunting

Kolam Gunting

Danau Gunting

Danau Gunting

Kolam Gunting

Kolam Gunting

Danau Gunting

Danau Gunting

Kolam Gunting

Danau Gunting

Reindwardt Monument