Jembatan Gantung di Kebun Raya Bogor

Selain ditumbuhi berbagai koleksi pepohonan dan tumbuhan, KRB (Kebun Raya Bogor) memiliki beberapa spot menarik untuk selfie atau berfoto ria. Jika Anda rajin mengelilingi KRB niscaya akan mendapati 2 (dua) jembatan gantung dengan warna merah yang mudah terlihat dari kejauhan.

Jembatan gantung pertama yang berada di sisi utara Kebun Raya Bogor (posisi hilir) tak jauh dari Masjid Kebun Raya Bogor. Jembatan yang mirip The Golden Gate di San Fransisco Amerika ini terbentang dari ujung ke ujung membelah Sungai Ciliwung yang melintasi kawasan Kebun Raya Bogor. Jembatan ini memakai material besi dengan 2 (dua) tower berdiri di masing-masing ujung jembatan. Layaknya jembatan gantung (suspension bridge) pada umumnya, jembatan ini juga memiliki deck, main cable, dan suspender cable, dimana pada setiap ujungnya dicor ke anchorage (angkur). Pada saat saya ke sana, jembatan gantung pertama ini dalam kondisi ditutup alias tidak dapat dilintasi pengunjung. Kemungkinan besar karena kondisi jembatan yang semakin tua sehingga dapat membahayakan orang-orang yang melintas di atasnya.   

Sementara di sisi sebelah selatan yang berdekatan dengan Pintu Gerbang Utama (Main Gate) KRB, terdapat jembatan gantung kedua (posisi hulu). Posisi jembatan akan lebih mudah terlihat dari sisi Jalan Oto Iskadardinata Bogor. Jembatan gantung kedua ini menghubungkan Taman Meksiko dengan Jalan Kenari II di lingkungan Kebun Raya Bogor. Berbeda dengan jembatan gantung di posisi hilir, di sini, jembatan gantungnya tidak dalam status ditutup sehingga pengunjung dapat leluasa melintasinya, namun tentu saja pengunjung harus tetap berhati-hati dan jangan melakukan tindakan-tindakan ceroboh karena dapat membahayakan keamanan konstruksi jembatan maupun pengunjung yang melewatinya.

Kabar dari mulut ke mulut, jembatan gantung di Kebun Raya Bogor yang juga kerap disebut Jembatan Merah atau Jembatan Cinta tersebut memiliki mitos dimana jika ada sepasang kekasih melintasi di atasnya maka hubungan mereka tidak akan berlangsung lama alias tidak langgeng. Saya sendiri tidak begitu tertarik untuk membahas hal-hal yang berbau mitos seperti ini. Yang jelas, jangan sampai Anda melewatkan kesempatan baik untuk berfoto di salah satu spot menarik di Kebun Raya Bogor ini !.

Foto-Foto Jembatan Gantung Sisi Utara (Hilir) :

Jembatan Gantung

Jembatan Gantung

Jembatan Gantung

Jembatan Merah

Foto-Foto Jembatan Gantung Sisi Selatan (Hulu) :

Jembatan Gantung

Jembatan Gantung

Jembatan Cinta

Jembatan Cinta

Jembatan Gantung

Jembatan Gantung

Jembatan gantung