Museum Zoologi di Kebun Raya Bogor

Dengan membayar tiket masuk KRB (Kebun Raya Bogor) sebesar Rp 15.000,00, pengunjung tidak hanya dapat menikmati koleksi tanaman di dalamnya namun juga dapat memasuki Museum Zoologi.

Museum ini buka tiap hari dimana untuk hari Senin sd Jum’at dimulai pukul 08.00 sd 16.00 WIB dan hari Sabtu atau Minggu dimulai pukul 08.00 sd 17.00 WIB. Lokasi museum lebih mudah dijangkau dari Gerbang Utama KRB yaitu berada di sisi sebelah kiri setelah pengunjung masuk melalui pintu utama tersebut.

Bangunan museum pada awalnya merupakan laboratorium yang dinamai Landbouw Zoologisch Laboratorium yang digagas oleh JC Koningsberger, seorang ahli botani berkebangsaan Belanda. Dalam perjalanan waktu, nama museum ini berubah-ubah dimana terakhir disebut sebagai Museum Zoologi Bogor yang dibawah pengelolaan Pusat Penelitian Biologi-LIPI. Pada sebuah dinding luar bangunan museum terpampang Maklumat Pelayanan yang berisi pengumuman bahwa Pusat Penelitian Biologi-LIPI (yang memiliki tugas dan fungsi melakukan penelitian, pengembangan, diseminasi ilmu pengetahuan biologi dan sebagai pelaksana harian scientific authority terkait keanekaragaman hayati Indonesia) menyatakan sanggup untuk memberikan layanan ilmiah yang akurat sesuai dengan standar ilmiah, etika penelitian dan standar pelayanan publik yang berlaku. Apabila dalam penyelenggaraan pelayanan, tidak sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan, akan dilakukan upaya perbaikan secara terus-menerus dan bersedia diberikan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Istimewanya lagi, apabila pengunjung museum menemukan indikasi korupsi atau pelanggaran dalam pelayanan, maka pengunjung tersebut dapat mengirimkan aduan ke email yang tertera di bawah maklumat tersebut.

Guna memberikan kenyamanan maka terdapat sejumlah larangan bagi pengunjung Museum Zoologi, diantaranya dilarang merokok, dilarang menggunakan alat pengeras suara, dilarang makan dan minum, dilarang membuat kegaduhan yang dapat mengganggu pengunjung lain, dilarang membuang sampah sembarangan, dan lain-lain.

Yang membuat pengunjung tertarik mengunjungi museum ini adalah adanya koleksi spesies hewan yang diawetkan seperti mamalia, burung, moluska, reptil, amfibia, serangga, dan lain-lain. Koleksi tersebut ditempatkan pada lemari-lemari kaca yang dipajang sedemikian rupa yang tersebar pada 24 ruangan koleksi museum. Sebagai sarana edukasi yang baik bagi anak-anak dan orang dewasa tentu saja sangat disayangkan apabila pengunjung Kebun Raya Bogor melewatkan tempat yang satu ini.

Museum Zoologi

Museum Zoologi

Museum Zoologi

Museum Zoologi

Museum Zoologi

Museum Zoologi

Museum Zoologi

Museum Zoologi

Museum Zoologi

Museum Zoologi

Museum Zoologi

Museum Zoologi

Museum Zoologi

Museum Zoologi

Museum Zoologi

Museum Zoologi