Nama-Nama Ikan di Museum Zoologi Kebun Raya Bogor

Kalau Jokowi sering menanyakan nama-nama ikan sebagai bahan kuis berhadiah maka Anda kini dapat menjawabnya lebih dari 3 (tiga) nama ikan dengan mudah setelah mengunjungi Museum Zoologi Kebun Raya Bogor.

Jika ingin mengetahui “silsilah” ikan di Indonesia dan urutan “kakek motang”nya, Anda dapat mencari referensinya di sini. Disebutkan bahwa dalam sistematikanya, berbagai ikan yang ada di dunia pada dasarnya dapat dikelompokkan ke dalam 3 (tiga) super kelas : (1) Agnatha yaitu ikan yang tidak ber-rahang yang terdiri hanya 1 (satu) bangsa/ordo dan 2 (dua) suku. (2) Chondrichthyes yaitu ikan bertulang rawan dan mempunyai sisik-sisik plakoid yang tertanam pada kulit atau dermis yang kecil seperti ampelas. Kelompok ini umumnya memiliki 5 sampai 7 pasang celah insang. Dalam kelas ini dibagi lagi menjadi 3 (tiga) bangsa yang meliputi 39 (tiga puluh sembilan) suku. (3) Osteichthyes, yang bercirikan memiliki tulang keras namun kulitnya lemah dengan atau tanpa sisik dan sepasang tutup insang. Di dalam kelas ini terbagi lagi menjadi 37 bangsa dan 340 suku.

Karena di Indonesia hanya ditemukan ikan yang masuk kelas Chondrichthyes dan Osteichthyes maka kebanyakan ikan yang ada di sini memiliki rahang. Dalam kelas Chondrichthyes, Indonesia memiliki 13 suku dari bangsa Selachei diantaranya hius sapi, hiu tanduk, hiu pasir, hiu tuyul, hiu putih besar, hiu paus, hiu macan, hiu gergaji, dan lain-lain. Sedangkan dari bangsa Rajiformes, Indonesia memiliki 13 suku diantaranya pari gergaji, pari pasir, pari burung, dan lain-lain.

Dari kelas Osteichthyes, Indonesia memiliki lebih banyak bangsa dan suku seperti sidat, ikan ular, ikan kadal, ikan tambra, ikan baung, lele, ikan terbang, ikan dori, ikan celeng, bandeng, gabus, dan lain-lain. Suku terbanyak disumbangkan dari bangsa Percifromes seperti kakap, kerapu batu, selar, mujair, belanak, tenggiri, dan lain-lain.    

Menariknya, mungkin orang tidak banyak tahu bahwa belut adalah hewan yang masih dapat dikelompokkan dalam ikan-ikanan. Sebagai contoh, belut rawa yang masuk dalam famili Synbrachidae ordo Synbrachiformes dan kelas Actinopterygii.

ikan

Museum Zoologi

ikan

ikan

ikan

ikan