Pohon Leci ; Pohon Tertua di Kebun Raya Bogor

Jika Anda menelusuri seluruh area KRB (Kebun Raya Bogor) niscaya akan ditemukan sebuah bekas sebuah batang pohon berukuran besar yang terpotong di bagian agak ke bawah.

Usut punya usut, terpotongnya batang pohon tersebut dikarenakan peristiwa robohnya pohon leci yang ditanam di pinggir Kolam Gunting yang masih berada di dalam area KRB (Kebun Raya Bogor).

Diketahui bahwa pohon leci tersebut merupakan pohon tertua yang ada di KRB yang berasal dari dataran Tiongkok bagian selatan dan ditanam sejak tahun 1823 saat kebun ini berada di bawah kepemimpinan CL Blume. Jika masih hidup sampai dengan tahun 2019 ini, usia pohon tersebut telah mencapai 196 tahun. Sayangnya akibat guyuran hujan yang sangat lebat menyebabkan tumbangnya pohon ini pada bulan Oktober 2017 lalu. Untungnya arah jatuhnya pohon tersebut mengarah ke kolam sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

Pohon yang bernama latin Litci Chinensis Sonn ini sendiri dapat tumbuh sampai ketinggian 15 hingga 25 meter dimana buahnya dapat dimakan langsung atau dibuat manisan. Pada saat tumbang diperoleh hasil pengamatan bahwa akar pohon telah mengalami pembusukan yang diduga disebabkan karena faktor genangan air yang berada di dalam perakaran. Usia pohon yang makin tua menjadikan buahnya menjadi tidak produktif lagi.

Sebagai bentuk apresiasi atas keberadaan pohon tertua tersebut, pihak Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya-LIPI menjadikan pohon leci ini sebagai gambar sampul katalog koleksi Kebun Raya Bogor pada tahun 2010.

Meskipun sempat roboh namun menurut salah satu pegawai PKT Kebun Raya Bogor, pohon leci tersebut dapat tumbuh kembali dengan melihat bagian akar yang masih hidup. Disamping itu, sudah ada pohon leci baru yang ditanam di deretan pohon leci yang lama sehingga nantinya dapat menggantikan keberadaan pohon tertua yang tumbang itu.

Leci

Leci

Leci

Leci