Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya-LIPI, Bogor

Kebun Raya Bogor (KRB) yang bernaung di bawah LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) merupakan kebun raya tertua di Asia Tenggara yang berada di Jl Ir H Juanda No 13 Bogor.

KRB yang pada saat awal pendiriannya bernama ’s Lands Plantentuin te Buitenzorg diresmikan pada tanggal 18 Mei 1817 oleh Gubernur Jenderal GAGP van der Capellen atas prakarsa seorang ahli tumbuhan dari Jerman bernama Prof Caspar Georg Carl Reinwardt yang kemudian diangkat sebagai Direktur Pertanian, Seni, dan Pendidikan untuk Pulau Jawa.

Setelah Reinwardt kembali ke Belanda dan digantikan oleh Dr Carl Ludwig Blume, dilakukanlah inventarisasi koleksi kebun yang mana berhasil dicatat sebanyak 912 spesies tanaman. Dan pasca kemerdekaan RI, pada tahun 1949, ’s Lands Plantentiun te Buitenzorg berganti nama menjadi Jawatan Penyelidikan Alam yang kemudian berubah lagi menjadi Lembaga Pusat Penyelidikan Alam (LLPA) dan untuk pertama kalinya dipimpin oleh pejabat berkebangsaan Indonesia, Prof Ir Kusnoto Setyodiwiryo. Sampai saat ini koleksi yang berhasil dikembangbiakkan di kebun seluas kurang lebih 87 ha ini sejumlah lebih dari 3728 jenis tumbuhan.

Atas keberhasilannya mengelola kebun raya, KRB (Kebun Raya Bogor) kemudian ditunjuk dalam pembangunan kebun-kebun raya sejenis di daerah lain di Indonesia dimana sampai dengan awal bulan Juli 2017 KRB telah membantu merealisasikan 32 (tiga puluh dua) kebun raya di Indonesia seperti Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodado, Kebun Raya Eka Karya Bedugul Bali, dan lain-lain.

Dengan dilengkapi 4 (empat) pintu masuk dari arah yang berbeda, kebun raya ini memiliki berbagai spot yang menarik untuk dikunjungi, diantaranya Museum Zoologi, Taman Teijsmann, Taman Bambu, Tugu Reinwardt, Tugu Lady Raffles, Jembatan Gantung, Prasasti 2 Abad, Taman Sudjana Kassan, Orchidarium, Taman Koleksi Tumbuhan Obat, Herbarium, Griya Anggrek, Kolam Teratai Raksasa, Taman Meksiko, dan lain-lain.

Pengunjung dapat memasuki areal KRB setiap hari mulai pukul 08.00 sd 16.00 WIB dengan tiket masuk kategori dewasa sebesar Rp 15.000,00 per orang (sudah termasuk biaya masuk Museum Zoologi dan Asuransi Jasa Raharja Putra). Menariknya lagi, di dalam areal KRB tersedia fasilitas wifi gratis yang diklaim dalam spanduk iklannya sebagai wifi super cepat. Bagi pengunjung yang ingin mengelilingi kompleks KRB dengan sepeda, tersedia penyewaan sepeda dewasa dengan biaya Rp 5.000,00. Pengunjung yang membawa mobil akan dikenakan biaya Rp 30.000,00, sepeda biasa atau sepeda motor Rp 5.000,00. 

KRB

KRB

Kebun Raya Bogor

KRB

KRB

KRB

Kebun Raya Bogor

KRB

Kebun Raya Bogor

KRB

KRB

KRB

KRB

KRB

Kebun Raya Bogor