Toko Buku Komik Pustaka Kalyana, Jakarta

Bagi Anda yang menyukai bacaan komik jadul tentu tak asing lagi dengan nama RA Kosasih, seorang komikus yang layak diberi gelar maestro pencipta komik terutama bergenre wayang. 

Beberapa karya besar yang lahir dari tangan almarhum antara lain komik Sri Asih. Selain itu RA Kosasih juga dikenal luas karena karya sastra saduran epos Mahabharata dan Ramayana dimana melalui tangan dinginnya, kisah pewayangan tersebut berhasil dituangkan dalam bentuk cerita bergambar yang cukup memikat.

Untuk mengenang dan mendapatkan buku-buku komik karya RA Kosasih maupun komikus-komikus lainnya, kini Anda tidak perlu bersusah payah mencarinya karena terdapat sebuah toko khusus menjual buku-buku komik jadul yang bernama Pustaka Kalyana. Toko mungil ini berada di Plaza Semanggi Lantai 2 Blok B No 97-98, Jakarta Barat.

Komik-komik lama yang pernah mengalami masa kejayaan di masanya dan dapat diperoleh di toko ini antara lain Rahwana Lahir karya RA Kosasih, Gatotkaca Lahir (Jabang Tutuka) karya RA Kosasih, Nurseta Satria Karang Tirta karya Asmaraman S Kho Ping Hoo, Gerombolan Barong Mataram karya Teguh Santosa, Pendekar Rajawali Sakti karya Gan KL, da lain-lain. Akibat kelangkaan komik-komik jaman dulu, harga per bukunya boleh dibilang tidak murah. Bahkan dalam kutipan wawancara yang termuat di salah satu blog komik Indonesia, pemilik toko Pustaka Kalyana, Rully Andreas, dikabarkan pernah berhasil menjual komik Morina karya Taguan Hardjo edisi perdana cetakan asli seharga Rp 5 juta. Ia juga berjualan secara online dan menyediakan edisi fotokopi komik-komik jadul berbagai jenis, termasuk karya-karya langka Kwik Ing Hoo dan Teguh Santosa dengan banderol harga berkisar Rp 200.000,00 per bundelnya.


Era akhir 1960-an pasca pemberontakan G30S/PKI sampai dengan awal 1980-an muncul komik-komik bertema romansa, cerita silat, dan superhero karya Jan Mintaraga, Teguh Santosa, Ganes Th (serial Si Buta dari Gua Hantu), Djair Warni (serial Jaka Sembung), Man (serial silat Mandala), Hans Jaladara (komik silat Panji Tengkorak), Wid NS (komik superhero serial Godam), Hasmi (serial Gundala Putra Petir), dan Kus Bram (serial fantasi Labah-labah Merah dan Kapten Nusantara). Muncul pula komik-komik dengan tokoh punakawan seperti Petruk dan Gareng. Apabila beruntung, Anda masih dapat memperoleh serial komik tersebut di toko buku Pustaka Kalyana ini.



Pustaka Kalyana

Pustaka Kalyana

Pustaka Kalyana

Pustaka Kalyana

Pustaka Kalyana

Pustaka Kalyana

Pustaka Kalyana

Pustaka Kalyana

Pustaka Kalyana

Pustaka Kalyana