Makam Zuriat Raja Isa Ibni Raja Ali Marhum Pulau Bayan Yang Dipertuan Muda Ke-V

Kata “zuriat” yang merupakan kata serapan dari bahasa Arab bermakna “keturunan atau anak cucu”. Sedangkan Raja Isa (atau dalam bahasa lokal juga disebut Nong Isa) adalah penguasa pertama di Pulau Batam.
Ayah dari Nong Isa bernama Raja Ali, putra Daeng Kemboja Yang Dipertuan Muda Riau III yang menggantikan Raja Haji Fisabilillah. Sedangkan ibu kandungnya bernama Raja Penuh binti Sultan Salehuddin, Sultan Selangor.
Dalam arsip-arsip sejarah, Raja Isa disebut sebagai tokoh penting dalam keluarga raja diraja di Pulau Penyengat, salah satu pulau bersejarah di Kepulauan Riau, dimana pada sekitar tahun 1800-an, Nong Isa memperoleh perintah dari Sultan Riau dan Muda Riau VI agar memegang tampuk pemerintahan di kawasan Nongsa, Batam. Maka setelah memperoleh surat mandat pada tanggal 22 Jumadil Akhir 1245 H atau bertepatan dengan tanggal 18 Desember 1829, ia pun memulai masa kehidupan barunya di Nongsa, Batam. Tanggal inilah yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Jadi Kota Batam.
Sejak dirintis oleh Nong Isa, kawasan Nongsa mulai perlahan berkembang menjadi sebuah kota pelabuhan yang penting yang mampu menggantikan pelabuhan sebelumnya di Selat Bulang yang mulai sepi dari aktivitas pelabuhan sejak ditinggalkan oleh Temenggung Abdulrahman yang memilih pindah ke Singapura pada tahun 1818.
Ketika saya selesai melakukan rihlah ke kawasan Kebun Raya Batam, ketemulah lokasi pemakaman Zuriat Raja Isa ini yang berada di atas sebuah perbukitan kecil di Kampung Nongsa Pantai, Kel. Sambau, Kec. Nongsa, Kota Batam. Meski disebut sebagai pemakaman Raja Isa namun makam Raja Isa sendiri masih menjadi misteri karena sampai saat ini belum ditemukan lokasi persis pemakamannya ada di mana. Di sini hanya ada makam zuriat atau anak-anak keturunan Nong Isa.
Sayangnya, kompleks wisata sejarah tersebut tidak memiliki semacam juru kunci atau penjaga makam sehingga para pengunjung yang kebetulan berada di sana tidak dapat memperoleh keterangan detail akan sejarah pemakaman itu dan siapa saja yang dikuburkan di sana. 

Raja Isa

Nong Isa

Raja Isa

Nong Isa

Nong Isa

Raja Isa

Nong Isa

Makam Zuriat Nong Isa
Nong Isa
Makam Zuriat Raja Isa
Nong Isa
Makam Zuriat Raja Isa