Masjid Muhammad Cheng Ho, Kota Batam, Kepulauan Riau

Cheng Ho adalah tokoh muslim legendaris asal Tiongkok yang berhasil melakukan perjalanan atau ekspedisi ke berbagai negara termasuk Indonesia.
Selama mengunjungi Indonesia, Laksamana Cheng Ho pernah menyinggahi sejumlah kota diantaranya Aceh, Semarang, Surabaya, Palembang, dan lain-lain. Maka untuk mengenang tokoh muslim tersebut, pemilik Golden View Batam mendirikan Masjid Muhammad Cheng Ho yang diresmikan pada tanggal 21 Februari 2015 oleh Menteri Pariwisata dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI.

Sebagaimana bentuk Masjid Cheng Ho yang berada di Surabaya, Masjid Muhammad Cheng Ho yang berada di kawasan Golden View, Kec. Bengkong, Kota Batam ini memiliki ciri khas yang membedakannya dengan masjid-masjid lain pada umumnya yaitu pada ornamen masjid yang mirip dengan kelenteng dengan dominasi warna merah pada dinding bangunan.

Masjid Muhammad Cheng Ho ini memiliki ukuran yang tidak terlalu luas. Berdiri di atas lahan seluas sekitar 40 x 40 meter, luas bangunan masjidnya sendiri hanya sekitar 20 meter persegi dengan kapasitas jamaah sekitar 180 orang. Sementara segala kebutuhan operasional masjid masih ditanggung oleh pemilik Golden View dan infaq jamaah yang mengunjungi lokasi tersebut.

Pada akhir pekan, masjid ini banyak dikunjungi oleh warga Batam maupun wisatawan lain yang berasal dari luar Batam. Maka jika Anda kebetulan sedang melakukan perjalanan ke Kota Batam, Kepulauan Riau, jangan lupa untuk mampir mengunjungi masjid unik yang satu ini.



Masjid Cheng Ho
Masjid Muhammad Cheng Ho
Masjid Cheng Ho
Masjid Cheng Ho
Masjid Cheng Ho
Masjid Cheng Ho
Masjid Cheng Ho
Masjid Cheng Ho
Masjid Cheng Ho