Prata Waroeng 8, Tiban Center, Sekupang, Kota Batam

Roti prata memiliki sejarah yang cukup panjang mengingat jenis makanan ini sebenarnya bukanlah makanan asli Indonesia.

Dalam beberapa sumber disebutkan bahwa roti prata atau sering juga disebut dengan roti canai atau roti cane atau roti konde atau roti mariyam, berasal dari negeri India ketika terjadi pergerakan muslim India ke wilayah Kesultanan Aceh sekitar abad ke-17. Canai sendiri dapat diartikan merujuk pada sebuah kota di India bernama Chennai.

Secara umum roti prata ini mudah dijumpai di wilayah Sumatera terutama di Aceh, Sumatera utara, dan Sumatera Barat. Tidak ketinggalan pula di wilayah Kepulauan Riau, masyarakatnya sudah cukup familiar dengan roti yang satu ini.

Roti ini terbuat dari bahan olahan tepung dan minyak susu serta digoreng di atas Trava. Olesan minyaknya sendiri lebih dominan dibanding roti pratanya sendiri dimana dalam proses pembuatannya biasanya harus digeprek dan dibanting-banting berkali-kali sehinga menghasilkan bentuk yang pipih serta tipis. Anda bisa memesan versi “kosongan” dalam arti tidak memakai kuah, namun umumnya roti ini dihidangkan bersama-sama kari kambing berkuah.

Salah satu tempat favorit masyarakat Batam terutama yang tinggal di sekitar Kecamatan Sekupang, Kota Batam adalah Prata Waroeng 8 yang berada di Tiban Center. Anda yang sudah lama tinggal di sana pasti kenal dengan tempat yang satu ini. Namun entahlah, apakah warung ini memiliki afiliasi dengan Amir Prata yang kabarnya juga berlokasi di Tiban Center, mengingat nama Amir Prata telah lebih duluan terkenal sebagai "legenda" prata di kawasan tersebut.

Prata Waroeng 8 yang merupakan cabang dari Belakang Padang buka mulai dari pagi hari sampai malam. Jangan ditanya jika pas akhir pekan, warung ini dipastikan selalu dipadati pengunjung. Menu utama andalan selain prata adalah mie lendir atau mie kuah pekat yaitu mie yang di siram dengan kuah kacang yang kental. Sementara untuk minumannya sendiri, patut dicoba teh tarik yaitu hidangan segelas teh khas melayu (bisa panas atau dingin) dengan aroma dan rasanya yang begitu menggoda lidah.

Prata Waroeng 8
Prata
Prata Waroeng 8
Prata
Prata Waroeng
Prata
mie lendir
Prata Waroeng
Teh tarik
Prata Waroeng