Koleksi Casuarina di Kebun Raya Cibodas

Salah satu tempat menarik atau POI (Point Of Interest) yang ada di Kebun Raya Cibodas adalah jalur jalan kaki bebatuan yang di kanan kirinya ditumbuhi sederetan pohon cemara atau casuarina.

Cemara Gunung merupakan salah satu jenis tanaman perdu yang bisa tumbuh vertikal sampai setinggi 50 meter. Tanaman cemara ini terdiri dari sekitar 70 spesies tanaman bersuku casurinaceae yang sebagian besar tumbuh di belahan bumi bagian selatan yang rata-rata beriklim tropis, seperti Australia, Indonesia, Malaysia dan Kepulauan Pasifik.

Beberapa spesies cemara yang cukup terkenal antara lain Cemara Gunung (Casuarina junghuniana), Cemara Lilin (Cupressus sempervirens), dan Cemara Kipas (Thuja orientalis). Khusus untuk Cemara Gunung dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga pegunungan tinggi.

Cemara Gunung merupakan tanaman berbatang kayu dimana ia disebut sebagai Cemara Gunung karena ia mampu hidup di tempat dengan ketinggian sampai 3000 mdpl (meter di atas permukaan laut). Ciri khas dari spesies ini adalah rantingnya yang membentuk ruas-ruas pada dahan besar sehingga tampak seperti ribuan jarum berwarna hijau yang berjajar rapi.

Batang pohon cemara dilapisi kulit kasar yang bersisik dan mempunyai cabang-cabang atau dahan rimbun sebagai tempat tumbuhnya daun-daun semu. Akarnya berupa akar tunggang yang cukup kuat menahan beban. Pohon ini pada umumnya tumbuh secara tegak lurus dari lahan landai hingga lahan miring pada pegunungan. Akar yang dimiliki pohon cemara gunung tergolong unik karena dapat melekat kuat pada tanah humus, tanah berbatu atau tanah berkerikil. Karenanya pohon ini cocok dikembangbiakkan sebagai tanaman pelindung yang berfungsi menjaga tanah dari longsor dan akarnya membantu penyerapan air hujan. 

Karakteristik Cemara Gunung yang mampu bertahan baik dalam genangan air maupun dalam kondisi cuaca buruk menjadikan jenis tanaman ini cocok untuk mereboisasi atau menghijaukan kembali lahan gundul. Pemeliharaannya pun tidak memerlukan perlakuan yang spesial seperti menanam anggrek dan jenis tumbuhan khusus lainnya.

Bagi yang merencanakan akan mengunjungi Kebun Raya Cibodas, jangan lupa untuk mencoba menyusuri jalan bebatuan yang berada di lokasi XVI.C atau dekat dengan pintu gerbang 1. Dengan adanya deretan pohon cemara di kanan kirinya akan menjadikan momen foto-foto Anda menjadi lebih menarik dan bernuansa lain dari biasanya.

Araucaria
Araucaria
Araucaria
Araucaria
Araucaria
Araucaria
Araucaria
Araucaria