Congea Tomentosa Roxb di Taman Bunga Nusantara

Congea tomentosa adalah tanaman cemara tropis yang juga biasa disebut sebagai wooly congea atau shower orchid. Meskipun ada embel-embel ‘orchid’ namun tumbuhan ini tidak ada kaitannya dengan anggrek.

Dalam bahasa Spanyol, tumbuhan ini sering disebut sebagai lluvia de orquideas atau terciopelo, krua dalam bahasa Thailand, dan rong bao teng dalam bahasa Cina. Berasal dari Myanmar dan Thailand, tumbuhan ini dapat ditemukan di berbagai tempat lain di Asia Selatan seperti Laos, Vietnam, Malaysia (Kedah), Bangladesh, dan India (Assam, Manipur, Tamil Nadu, dan Benggala Barat).

Habitat asli tumbuhan ini adalah hutan campuran pada ketinggian 600-1200 meter di atas permukaan laut (mdpl) dimana tanaman ini dapat tumbuh hingga 3-5 meter jika dibudidayakan dan bahkan lebih besar di negara asalnya. Daunnya berwarna hijau muda dengan panjang 6-8 inci. Bunga-bunga yang tumbuh dari tanaman ini kecil dan tidak mencolok yang berada di tengah-tengah pelindung bunga (bractea) namun jika dilihat secara bergerombol menjadi begitu eksotis dalam balutan warna putih yang mencolok. Pelindung bunga (bractea) tersebut berwarna merah muda keputihan dimana seiring  dengan waktu, warnanya akan berubah menjadi ungu keputihan. Beberapa minggu kemudian akan berubah lagi menjadi keabu-abuan.

Tanaman ini dapat ditanam sebagai tanaman merambat dengan menggunakan media pot berkompos atau langsung ditanam di tanah dengan kebutuhan cahaya matahari secara tidak langsung pada tempat yang teduh. Sangat cocok sebagai tanaman penghias bangunan pergola, Congea tomentosa ini mudah tumbuh di hampir semua jenis tanah dengan penyiraman air secara teratur. Perbanyakannya dapat dilakukan dengan stek batang atau biji.

Congea tomentosa
Congea tomentosa
Congea tomentosa
Congea tomentosa
Congea tomentosa
Congea tomentosa