Taman Mawar di Taman Bunga Nusantara

Mawar barangkali menjadi salah satu nama bunga yang paling mudah dikenal dan diingat oleh berbagai lapisan masyarakat di seluruh penjuru dunia. Keindahan dan keharumannya kerap diadopsi dalam puisi-puisi yang menggambarkan kecantikan seorang wanita.
Tidak hanya itu, bunga mawar (rose) yang dalam kebudayaan barat menjadi lambang cinta itu paling disukai oleh kaum hawa karena keindahan dan keharuman aromanya yang semerbak mewangi. Wajar jika bunga ini sering dijadikan buket atau dalam sepotong tangkainya dijadikan sebagai ungkapan perasaan cinta pria kepada wanita pujannya.
Bunga mawar disebutkan sebagai salah satu tanaman tertua di dunia dimana fosil bunga ini ditemukan sekitar 35 juta tahun yang lalu di Florissant, Colorado, Amerika Serikat. Namun literatur lain menyatakan bahwa bunga ini sebenarnya berasal dari belahan bumi bagian utara yaitu negeri tirai bambu, China. Di negara asalnya itu, bunga mawar telah terkondisikan dengan baik untuk beradaptasi dalam 4 (empat) iklim termasuk musim dingin atau musim salju.  Pada saat musim salju, mawar akan menyesuaikan diri secara alamiah dengan cara meluruhkan seluruh daunnya atau periode beristirahat (dormant period) untuk selanjutnya akan berkembang kembali pada saat musim panas. Pada masa istirahat inilah mawar mempunyai kekuatan untuk memberikan keindahan bunga yang lebih baik.   
Di Taman Bunga Nusantara, tanaman ini diberlakukan secara khusus dimana tata cara penyiraman, pemberian pupuk, dan penyiangan dilakukan dengan seksama dan melalui perhitungan yang matang. Hal ini dilakukan guna tetap menjaga kekuatan serta keindahan mawar tersebut mengingat di daerah tropis, bunga mawar tidak memiliki dormant period atau masa istirahat. 
Bagi Anda yang menyukai bunga yang satu ini dapat mengunjungi Taman Mawar yang berada di kompleks Taman Bunga Nusantara. Berbagai warna bunga mawar yang ada di sana dapat memberikan petunjuk terhadap suasana hati yang Anda rasakan : kuning melambangkan persahabatan dan kebersamaan, putih melambangkan kemurnian dan permintaan maaf, ungu melambangkan cinta pada pandangan pertama, champagne melambangkan kecantikan sepanjang masa, pink melambangkan kebahagiaan, dan warna favorit, merah, melambangkan cinta dan gairah.
Taman Mawar
Taman Mawar
Taman Mawar
Taman Mawar
Taman Mawar
Taman Mawar