Curug 7 Cilember, Kabupaten Bogor, Jawa Barat - POJOKCERITA

Friday, September 27, 2019

Curug 7 Cilember, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Setelah puas mengitari lokasi perkebunan teh di Agrowisata Gunung Mas, saya menuntaskan petualangan solo traveling dari Jakarta menuju Cianjur, 17-18 Agustus 2019, dengan 'menuruni' wilayah Puncak ke arah Kota Bogor dengan maksud agar semakin mendekati arah Jakarta.

Destinasi terakhir kali ini adalah sebuah curug atau air terjun yang berada di kawasan Kabupaten Bogor yang berbatasan dengan Kabupaten Cianjur yaitu Curug 7 Cilember dimana secara administratif, lokasi wisata ini masuk ke wilayah Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Terletak pada ketinggian 900 sd 1000 mdpl, Wana Wisata Curug Cilember ini memiliki keunikan tersendiri dimana bentang alamnya merupakan daerah berbukit dengan tingkat kelembaban yang cukup tinggi (sekitar 80%) dengan suhu udara berkisar antara 20 sd 26 derajat Celcius. Wana Wisata Curug Cilember sendiri dikelola oleh Perum Perhutani sejak tahun 1990 dan diresmikan oleh Bupati Bogor pada bulan April 2000.

Berbagai fauna atau binatang yang dapat diketemukan di area ini antara lain Surili (Presbytis comata), Kodok Bertanduk (Magophrys monticola), Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis), Babi Hutan (Sus vitatus), Burung Cabai Jawa (Dicaeum trochileum), Burung Cenenen Jawa (Orthotomus sepium), dan berbagai jenis kupu-kupu.

Sementara jenis flora yang tumbuh di sini antara lain berbagai jenis paku-pakuan seperti Paku Sarang Burung (Asplenium nidus L.), Paku Tiang (Cyathea contaminant), Paku Rane (Selaginella plana Hieron), Pakis Sayur (Diplazium esculentum), Kecubung (Brugmansia suaveolens), Harendong Bulu (Clidemia hirta), Pinus (Pinus merkusii Junghun & De Vriesa), dan lain-lain.

Untuk menuju lokasi ini terbilang agak sulit jika menggunakan kendaraan roda 4 (empat) karena akses jalan masuk dari Jalan Raya Puncak yang relatif sempit. Namun dari sisi jarak, jika diukur dari Jakarta maka lokasi ini tak begitu jauh untuk dijangkau. Saya berhasil sampai ke lokasi tersebut (lagi-lagi) dengan mengandalkan ojek online selepas mengunjungi Agrowisata Gunung Mas. Namun demikian harap diperhatikan agar jangan sampai atribut driver ojek online diketahui para driver ojek pangkalan di pintu masuk air terjun karena dapat “membahayakan” nasib pak driver ojek onlinenya.

Oya, knapa disebut Curug 7 Cilember ?. Karena jumlah total curug yang berada di kawasan tersebut sebenarnya ada 7 (tujuh), namun yang paling dekat dengan pintu masuk kawasan adalah Curug yang ke-tujuh. Pengunjung yang hendak mengeksplore sisa yang 6 (enam) wajib memiliki stamina yang tinggi karena jaraknya yang semakin jauh dengan medan yang semakin sulit.

Selain berfoto dengan latar belakang air terjun, Anda dapat melakukan aktivitas lain seperti berkemah (camping ground) di bawah pepohonan hutan pinus, flying fox, sepeda terbang, taman kupu-kupu, dan lain-lain. Tiket masuk per pengunjung kategori dewasa ditetapkan sebesar Rp 25.000,00 per orang.

Cilember
Cilember
Cilember
Cilember
Cilember
Cilember
Cilember
Curug 7 Cilember
Curug 7 Cilember
Curug 7 Cilember
Curug 7 Cilember
Cilember
Cilember
Cilember
Curug 7 Cilember
Cilember
Cilember
Cilember
Curug 7 Cilember
Curug 7 Cilember
Cilember
Cilember
Cilember
Cilember
Cilember
Cilember
Cilember
Cilember
Cilember
Cilember
Cilember
Cilember
Cilember
Cilember
Cilember
Cilember
Cilember
Cilember

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda