Menjajal Xtrans Jakarta–Bandung

Setelah sebelumnya mencoba Siliwangi Trans dalam program Cianjur Explorer, kali ini saya menjajal Xtrans jurusan Jakarta – Bandung dalam program Bandung Explorer yang dilakukan pada bulan Agustus 2019 lalu.

Bandung yang dijuluki “Paris van Java” memang layak dijadikan sebagai tujuan atau destinasi wisata favorit bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tak heran jika pada akhir pekan kota ini bakal dipenuhi dengan para pengunjung yang datang dari luar, termasuk saya yang nota bene-nya bermukim di Jakarta.

Memilih menggunakan alat transportasi shuttle point to point seperti Xtrans ini bagi saya memang bukan tanpa alasan. Pertama, pemesanan bisa dilakukan dalam waktu relatif dekat dengan hari dan jadwal keberangkatan dimana jika memesan tiket KA tentu akan cepat kehabisan seat. Kedua, jarak tempat pemberangkatan yang tidak terlalu jauh dengan lokasi rumah kost juga menjadi pertimbangan lain. Ketiga, tempat duduk yang nyaman menjadikan perjalanan di malam hari dari Jakarta saat itu terbilang tidak begitu terasa capek, bahkan saya masih dapat tidur nyenyak setelah seharian ditempa oleh banyaknya tugas kantor yang harus diselesaikan.

Proses pemesanan tiket dilakukan secara online melalui web mereka di https://booking.xtrans.co.id atau melalui https://tiketux.com dengan memasukkan data titik pemberangkatan dan tujuan serta tanggal keberangkatan yang diinginkan. Saya memilih keberangkatan Jakarta Pancoran dengan tujuan Bandung De Batara Cihampelas dengan mengambil schedule hari Jum’at tanggal 23 Agustus 2019 pukul 21.00 WIB seharga Rp 105.000,00. Proses pembayaran tiket dilakukan melalui online banking (virtual account). Jangan lupa catat Kode OTP yang nantinya akan ditanyakan oleh petugas loket saat melakukan reservasi ulang di tempat pemberangkatan. Uniknya, meskipun jam keberangkatan saya jatuh di pukul 21.00 WIB namun saat datang lebih awal di Pancoran, mereka menawarkan untuk menggeser jadwal saya lebih maju yaitu pukul 20.00 WIB. Tentu saja tawaran itu saya terima dengan senang hati karena menjadikan waktu menunggu keberangkatan menjadi terpangkas.  

Terobosan lain yang dilakukan Xtrans untuk tujuan Bandung adalah dengan menurunkan penumpangnya di De Batara dimana tempat tersebut merupakan hotel yang berlokasi di Jalan Cihampelas No. 122 Bandung sehingga memudahkan traveler yang membutuhkan tempat beristirahat yang menyatu dengan titik kedatangan shuttle.

Xtrans
Xtrans
Xtrans
Xtrans
Xtrans
Xtrans
Xtrans
Xtrans