Koleksi Petunia Grandiflora di Taman Bunga Nusantara

Jika Anda berkunjung ke Taman Bunga Nusantara niscaya akan mendapati bunga-bunga berwarna mencolok yang ditanam di areal utama taman tersebut.

Bunga itulah yang dinamakan Petunia grandiflora yang habitat asalnya berasal dari Brasil, Amerika Latin. Tanaman ini akan tumbuh optimal jika ditanam di dataran tinggi (minimal di ketinggian 800 mdpl) dengan suhu 16-22 derajat Celcius. Meskipun dapat tumbuh di dataran rendah namun bunga yang tumbuh akan lebih kecil ukurannya dan warnanya pun kurang begitu cerah.

Petunia sendiri merupakan tanaman hias favorit pada lahan di taman bunga dimana varietas glandiflora merupakan salah satu yang tertua di dunia. Petunia ini tumbuh dengan ketinggian 8 sd 12 inci di atas tanah dan bunganya dapat berupa single atau double. Glandiflora juga merupakan petunia yang memiliki bunga paling lebar dan warnanya bervariasi sehingga jenis ini menjadikan petunia yang paling populer di kalangan penggemar bunga.

Namun demikian, Petunia grandiflora memiliki kelemahan yaitu mudah rusak akibat kondisi cuaca buruk misalnya angin kencang atau hujan lebat. Sebagian besar varietas glandiflora juga harus ditanam pada lahan yang memiliki paparan sinar matahari yang cukup.

Petunia
Petunia
Petunia
Petunia grandiflora
Petunia
Petunia
Petunia
Petunia grandiflora
Petunia
Petunia
Petunia