Spot Instagramable di Kawasan Pohon Pinus Kebun Raya Cibodas

Kita patut bersyukur bahwa hutan di Indonesia sebagai salah satu paru-paru dunia memiliki aneka ragam kekayaan hayati yang belum tentu dimiliki oleh negara lain.

Salah satu anugerah yang diberikan Yang Maha Kuasa atas keanekaragaman spesies hutan yang ada di Indonesia adalah pohon pinus atau tusam dimana salah satu jenisnya merupakan pohon asli Indonesia yaitu spesies pohon Pinus merkusii Jung. Et de Vriese atau Tusam Sumatera. Lambat laun spesies ini menyebar ke luar Sumatera seperti Pulau Jawa dan lain-lain.

Agar tumbuh dengan baik, pohon pinus memerlukan tempat dengan ketinggian antara 4000 sd 2000 mdpl dengan suhu maksimum sekitar 20 derajat Celcius. Pada masa pertumbuhan, pohon ini bisa mencapai ketinggian 40 meter dengan diameter 90 cm. 

Kegunaan dari pohon pinus antara lain dapat digunakan sebagai bahan baku furniture seperti meja, kursi, dan sebagainya. Seratnya dapat digunakan sebagai bahan baku kertas, korek api, pensil, sumpit, dan lain-lain. Sedangkan getahnya dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Pohon ini juga sangat bermanfaat sebagai tanaman penghijauan karena dapat mengurangi potensi risiko longsor pada tanah yang miring.

Dengan sifat pertumbuhannya yang berkelompok dan tegak lurus secara teratur menyebabkan kawasan hutan pinus sangat cocok dipakai sebagai background swa-foto alias selfie (latar foto dari objek atau benda yang berdiri teratur menjadi salah satu komponen penting dalam menghasilkan foto yang menarik).

Dengan nge-hits-nya wisata hutan pinus akhir-akhir ini menjadikan lokasi seperti ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit pengunjung. Beberapa pengelola hutan pinus telah melengkapi fasilitas yang ada dengan camping ground atau tenda berkemah dengan dilengkapi hammock sebagai tempat merebahkan diri bagi para pengunjung yang datang ke sana. So, ketika merebahkan diri sambil memandang pepohonan pepohonan pinus yang menjulang ke atas dapat menjadikan hati menjadi tenang serta dapat menambah rasa syukur akan kebesaran Tuhan YME sebagai pencipta alam raya yang sempurna.

Pinus
Pinus
Pinus
Pinus
Pinus
Pinus
Pinus
Pinus
Pinus