Melihat Pohon Eucalyptus di Kebun Raya Cibodas

Pohon eucalyptus merupakan tumbuhan yang berasal dari Australia dengan ciri khas pada sistem perakaran yang mudah sekali memanjang menembus ke dalam tanah dalam waktu relatif cepat.

Pohon ini akan tumbuh dengan baik di wilayah tropis dan sub-tropis. Tinggi pohon ini bisa mencapai 40 (empat puluh) meter dengan diameter batang bisa mencapai 100 (seratus) cm. Kulit batang luarnya umumnya berwarna coklat dengan keadaan kulit bermacam-macam, mulai dari kasar, berserabut, halus bersisik, tebal bergaris-garis, atau berlekuk-lekuk. 

Tanaman ini rupanya memiliki manfaat yang lumayan banyak mulai dari kayunya yang dapat digunakan sebagai bahan bangunan kayu, korek api, bubur kayu (pulp), dan lain-lain. Daun eucalyptus terbukti dapat dijadikan sebagai obat-obatan seperti produk minyak cap Lang bernama Minyak Ekaliptus Kayu Putih. Jika Anda punya anak bayi juga mungkin pernah mendengar Baby Essential Oil Eucalyptus. Produk ini juga dihasilkan dari minyak esensial eucalyptus yang berkhasiat untuk menyembuhkan luka, mengatasi gigitan serangga, dan lain-lain.

Sebuah penelitian di Australia yang dimuat di mining.com secara mengejutkan menyatakan bahwa terdapat salah satu metode untuk mengetahui ada tidaknya emas di lapisan tanah di bawah bumi dengan cara mengamati dan meneliti kandungan emas pada daun. Peneliti di sana mengatakan bahwa daun eucalyptus mengandung emas meskipun awalnya mereka tidak mengetahui bahwa emas tersebut berasal dari partikel yang ada di dalam tanah.

Eucalyptus
Eucalyptus
Eucalyptus
Eucalyptus
Eucalyptus
Eucalyptus
Kebun Raya Bogor
Minyak Ekaliptus
Eucalyptus