Arborea Café ; Tempat Nongkrong Bernuansa Hutan di Sudut Kota Jakarta

Anda pekerja kantoran yang super sibuk dengan tugas-tugas kantor ?. Jika iya, datanglah sekali-kali ke café unik yang berdiri di sebuah sudut di hutan kota yang merupakan bagian dari area kompleks Gedung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Suatu waktu tertentu mungkin kita akan mengalami yang namanya kejenuhan kerja dan membutuhkan sejenak waktu untuk melepaskan kepenatan dan kepusingan kerja dengan target-target yang dikejar deadline. Atau bisa jadi Anda memerlukan tempat khusus untuk mengundang rekan bisnis dalam membicarakan rencana-rencana kerja sama strategis ke depan. Tempat ini dapat menjadi lokasi yang tepat untuk tujuan tersebut karena jaraknya yang terbilang dekat dari mana-mana serta masih berada di daerah ibukota sehingga tidak membutuhkan banyak waktu untuk melakukan perjalanan ke sana.

Café dengan konsep minimalis dan menawarkan layout yang instagramable tentu sudah banyak ditemukan di Jakarta, namun café yang mampu menggabungkan unsur keindahan layout beserta keadaan di sekitarnya yang alami tentu tidak banyak dan sulit dicari di ibukota. Hal ini dikarenakan terbatasnya lahan yang ada sehingga menyulitkan pemilik café untuk mengatur layout bangunan dan halaman sesuka hati.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam rangka menyambut gelaran akbar Asian Games 2018 lalu yang menempatkan Jakarta dan Palembang sebagai tuan rumah, turut berusaha meramaikan dan men-support event tersebut. Maka guna menyambut dan menjamu para atlet beserta official yang datang dari negara-negara peserta, kementerian ini berinisiatif membuat sebuah tempat khusus untuk nongkrong dan bersantai ria yang diberi nama Arborea Café (diresmikan pada tanggal 13 Agustus 2018 oleh Ibu Siti Nurbaya selaku Menteri LHK).   

Sesuai dengan namanya, café ini berada di dalam Arboretum Lukito Daryadi, KLHK, yang dikelilingi oleh sejumlah pohon besar dan rindang sehingga pengunjung akan merasa lebih betah berlama-lama di tempat tersebut. Desain bangunan yang unik dengan material berupa kayu beserta ornamen-ornamen di dalamnya memperlihatkan sebuah konsep bangunan yang menyatu dengan alam.

Untuk mendapatkan suasana yang tepat terutama bagi pasangan kawula muda yang baru menikah ataupun pasangan tua yang ingin mengulang masa-masa romantisme saat muda, sebaiknya jangan terlalu telat untuk mengunjungi lokasi ini. Waktu paling cocok adalah sebelum jam maghrib atau sebelum matahari persis menuju peraduan agar Anda masih dapat menyaksikan keindahan dan kerindangan pepohonan yang tumbuh di sekitarnya. Sebelum masuk ke dalam café, Anda dapat menikmati kesegaran udara di sana berkat koleksi sekitar 400-an batang pohon.

Nah, ketika malam mulai datang dan cahaya lampu mulai dihidupkan, Anda dapat mengabadikan café ini dengan hasil foto yang terlihat begitu indah sebagai hasil pantulan cahaya penerangan dari café tersebut. Setelah itu masuklah ke dalam dan cari tempat duduk yang paling cocok untuk ditempati, apakah di lantai dasar, lantai dua, atau lantai tiga. Anda dapat memesan sejumlah menu makanan dan minuman yang tersedia seperti nasi goreng, nasi ayam penyet, mie aceh, sop buntut, aneka kopi, jus, dan lain-lain.

Arborea Cafe
Arborea Cafe
Arborea Cafe
Arborea Cafe
Arborea Cafe
Arborea Cafe
Arborea Cafe
Arborea Cafe
Arborea Cafe
Arborea Cafe
Arborea Cafe
Arborea Cafe
Arborea Cafe
Arborea Cafe
Arborea Cafe
Arborea Cafe
Arborea cafe
Arborea Cafe
Arborea Cafe
Arborea Cafe
Arborea Cafe