Menjajal Kelezatan Sate Maranggi Hj Yetty, Cibungur, Kabupaten Purwakarta

Pada masa-masa awal kedatangan para pedagang Cina ke Jawa Barat, mereka ikut membawa resep masakan yang sudah terkenal di negaranya yang kemudian disebut sebagai "sate maranggi".

Resep aslinya, bahan utama sate tersebut bukanlah daging sapi atau kambing namun daging babi. Salah satu indikasi yang menguatkan pendapat bahwa sate maranggi berasal dari Cina adalah bumbu rempah yang digunakan sama persis dengan dendeng babi dan dendeng ayam yang dapat dijumpai di Cina, Hongkong, dan Taiwan.

Saat masuk ke Jawa Barat, sate tersebut mengalami “transformasi” dimana ketika ajaran agama Islam mulai masuk dan diterima oleh penduduk Jawa Barat, maka keberadaan makanan haram termasuk babi menjadi penyebab berubahnya komponen daging tersebut menjadi daging sapi. Yang membedakan antara sate maranggi dengan jenis sate lainnya adalah pada proses perendaman daging dalam bumbu (marination) sebelum dibuat menjadi hidangan sate siap saji. Bumbu rendamnya sendiri terdiri dari campuran kecap manis dan beberapa rempah seperti jahe, ketumbar, lengkuas, kunyit, dan sedikit cuka.

Sate maranggi yang terkenal di Jawa Barat dapat ditemui di 2 (dua) tempat yaitu Cianjur dan Purwakarta namun yang populer adalah sate maranggi Purwakarta, khususnya yang dikelola oleh keluarga Hj Yetty ini. Lokasinya yang tidak begitu jauh dari pintu tol Cikampek menyebabkan tempat ini mudah dijangkau dari Bandung, Jakarta, dan kota-kota lain di sekitarnya.

Dengan lahan yang luas, tempat sate maranggi Hj Yetty ini mampu menampung ratusan pengunjung setiap harinya dimana tamu yang hadir dapat memilih tempat duduk dan meja yang berada di bawah atap berangka baja. Aroma semerbak sate yang sedang dibakar di tempat menjadikan rasa lapar begitu sulit ditahan. Ditambah dengan silirnya angin yang berhembus dari arah hutan jati yang tumbuh di sekitarnya menambah suasana makan makin menyenangkan.

Selain sate maranggi, tempat ini juga menyediakan menu lain seperti ikan gurame bakar, ayam bakar, sop kambing, gulai sapi, sayur asam, tutut, dan sebagainya. Sebagai pendampingnya, minuman yang patut Anda coba adalah es kelapa muda. Dijamin makin maknyus !.

Untuk Anda yang berasal dari Jakarta, Anda bisa menuju tempat ini dengan memasuki tol Cikampek lalu setelah keluar tol, beloklah ke arah kanan. Sekitar 3 kilometer-an, warung sate ini akan ditemukan di sisi kiri jalan atau tepatnya di Jl Raya Cibungur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Warung sate ini hanya ada di sana dan tidak membuka cabang di mana pun.

sate maranggi
sate maranggi
sate maranggi
sate maranggi
sate maranggi
sate maranggi
sate maranggi
sate maranggi
sate maranggi
sate maranggi
sate maranggi
sate maranggi
sate maranggi
sate maranggi