Kamera Polaroid ; Alat Dokumentasi Olah TKP Kepolisian - Traveling, Sejarah, Budaya, Tokoh, Peristiwa, Ekonomi, Bisnis

Thursday, April 30, 2020

Kamera Polaroid ; Alat Dokumentasi Olah TKP Kepolisian

Dalam film-film action yang melibatkan tokoh detektif biasanya si tokoh tersebut akan dilengkapi perlengkapan yang diperlukan selama proses memburu calon tersangka yang sedang dikuntit, salah satunya adalah kamera.

Nah, polisi yang ditugaskan sebagai seorang agen penyelidik atau detektif juga biasanya memiliki alat untuk mendokumentasikan berbagai petunjuk dan bukti-bukti yang mengarah pada keterlibatan calon tersangka dalam sebuah penyelidikan suatu perkara atau kasus. Sebelum ada teknologi kamera digital maupun handphone yang diperlengkapi dengan fasilitas kamera, sudah ada peralatan kamera manual yang dinamakan Polaroid. Kamera ini berasal dari nama perusahaan yang mengeluarkan produk tersebut yaitu Polaroid Corporation yang berbasis di Minnesota, Amerika Serikat.

Polaroid Corporation sendiri berdiri pada tahun 1937 oleh George Wheelwright dan Edwin Land. Produk kamera pertama yang diluncurkan adalah Model 95 yang dianggap sebagai kamera prototipe dari semua jenis kamera yang diproduksi oleh Polaroid. Salah satu produk unggulannya kala itu adalah kamera Polaroid Super Color 1000 yang salah satu unitnya tersimpan di Museum Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kamera Polaroid Super Color 1000 merupakan model Onestep yang artinya memiliki lensa plastik fixed. Model 1000 atau OneStep dibedakan diantara model-model lain dimana pada model ini tersedia 2 (dua) tombol rana berwarna yaitu hijau atau merah. Flash elektronik yang cocok juga dirilis untuk model Onestep atau 1000 ini yang dikenal sebagai Q-Light. Flash ini cocok digunakan untuk semua model kamera non-folding dengan film integral SX-70.

Dengan semakin majunya perkembangan teknologi kamera, kehadiran kamera jadul seperti di atas sudah mulai tersingkirkan karena banyak keterbatasan yang dimiliki. Tercatat pada tahun 2006, Polaroid Corporation memproduksi kamera instan terakhir kali disusul pemberhentian produksi film instan pada tahun 2008. Pabriknya yang berada di Massachusetts, Belanda, dan Meksiko juga terpaksa ditutup karena tidak mampu bersaing dengan kehadiran kamera-kamera lain yang lebih canggih.

Pada tahun 2009 terjadi aksi korporasi dimana perusahaan bernama Hilco Consumer Capital and Gordon Brothers Brands mengumumkan pembelian Polaroid Corporation dan menempatkannya di bawah perusahaan induk, PLR IP Holdings, LLC yang selanjutnya pada tahun 2017 diakuisisi oleh Polish Investor Oskar Smolokowski.

Atas derasnya teknologi kamera digital, pada tahun 2012 Polaroid mengeluarkan produk smart camera bernama Polaroid SC1630 dan pada tahun 2014 diperkenalkan produk action camera bernama Polaroid Cube. Dan entah mengapa, logo Instagram sebelum ber-evolusi pada desainnya yang sekarang, bentuk logonya seperti terinspirasi dari desain sebuah kamera Polaroid.

kamera polaroid

kamera polaroid

Bagikan artikel ini

1 comment

  1. Polaroid memang menjadi salah satu jenis kamera yang unik, malah orang-orang sekarang banyak yang buka jasa cetak foto ala polaroid.

    Dan pengen juga si buka jasa cetak photo sejenis itu di Dirga ID

    ReplyDelete