Cara Cek Keaslian Part Tutup Radiator Suzuki - POJOKCERITA

Monday, May 16, 2022

Cara Cek Keaslian Part Tutup Radiator Suzuki

Pada saat saya hendak mengganti part lama mobil saya yaitu tutup radiator (radiator cap) Suzuki Escudo 1.6 MT tahun 2004, saya mencoba melakukan pencarian dan pembelian di salah satu marketplace besar di Indonesia.

Setelah didaptakan barang tersebut, saya masih penasaran apakah memang benar part yang saya beli itu berstatus asli (original) Suzuki atau yang sering disebut SGP (Suzuki Genuine Part) atau justru hanya barang KW mengingat dari sejumlah referensi, di pasaran terdapat juga part Suzuki yang disebut G-Box (Genuine Box) dimana pada box-nya tertulis “genuine” namun di dalamnya sebenarnya non genuine. 

Cara pertama yang coba saya lakukan untuk mengecek keaslian tutup radiator Suzuki yang telah saya beli adalah dengan mencocokkan nomor part (part no.) dengan yang tercantum di halaman resmi Suzuki. Misal pada stiker yang tertempel di plastik pembungkus tertulis part no. 17920-52S00-000 dimana setelah di-search di Google diperoleh informasi part dan description-nya di halaman resmi Suzuki (https://www.suzuki.co.id/eparts/sx4-neo-baleno/engine/figure/19919) memang benar part no. tersebut adalah radiator cap dan bukan yang lain. Juga di sana tertera harga satuannya yaitu Rp 82.500,00. Dari sini diperoleh lagi informasi bahwa untuk part ori tutup radiator Suzuki Escudo dibandrol dengan harga Rp 82.500,00. Dengan demikian jika ada tutup radiator yang diklaim asli Suzuki namun harganya jauh di bawah itu, ada indikasi bahwa part tersebut bukan ori.

Cara kedua untuk mengecek ori tidaknya part Suzuki adalah dengan memperhatikan ada tidaknya tulisan “Didistribusi” pada stiker kemasan yang dibawahnya tertulis lagi “PT. Suzuki Indmobil Motor Jl. P. Diponegoro Km. 38.2 (Jl. Toyogiri), Tambun Bekasi - Indonesia”. Apabila di situ tertera tulisan atau keterangan lain maka bisa jadi part yang ada di dalamnya bukan ori alias palsu.  

tutup radiator

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda