Thermostat Asli atau Palsu ? - POJOKCERITA

Monday, May 23, 2022

Thermostat Asli atau Palsu ?

Dalam rangka rencana melakukan penggantian komponen thermostat lama yang terpasang di Suzuki Escudo 1.6 MT tahun 2004, saya telah memesan dan membeli thermostat baru dari marketplace seharga Rp 80 ribu.

Paket tersebut datang dengan pembungkus berupa kardus kertas tipis berbentuk kotak seukuran thermostat masuk dimana pada boxnya tertulis Suzuki Genuine Parts dan tertempel stiker pada salah satu sisi packaging tersebut. Di situ antara lain tercantum nomer part (part no.) yaitu 17670-65D00-000 yang terdeteksi di halaman website resmi Suzuki Indonesia tercantum sebagai thermostat dengan harga satuan Rp 241.500,00, lebih mahal dari harga yang saya beli di marketplace yaitu Rp 80.000,00. Apakah ini berarti part yang saya beli itu palsu atau ngga, saya belum dapat menyimpulkan. Atau bisa jadi karena barang import yang memang harganya lebih murah dari sananya.

Pada stiker juga tertera “Made in Thailand” yang berarti diimport dari sana. Kemudian tercantum nama importirnya yaitu PT Suzuki Indomobil Motor Jakarta. Namun yang mencurigakan adalah saat saya lakukan scan barcode pada kemasannya dimana nomor part yang muncul di layar HP sesaat setelah proses scan tidak sama dengan nomor part yang ada di kemasan. Sebagai contoh pada part thermostat yang saya beli tertulis part number 17670-65D00-000 namun saat discan nomor yang terbaca di layar HP berbeda. Ini menunjukkan pembuatan barcode itu asal-asalan karena tidak match part numbernya antara di kemasan dan hasil scan atau dengan kata lain part tersebut palsu.

Untuk tampilan fisik, termasuk build quality sepertinya lebih sulit untuk dijadikan sebagai bahan perbandingan antara yang asli dan palsu karena saya sendiri belum pernah memiliki part sejenis lainnya sehingga tidak bisa saya sandingkan dan bandingkan langsung di sini. 

thermostat

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda