Sunday, March 25, 2018

Bagaimana Jika Blogspot Anda Ditemukan Banyak Kesalahan URL ?

Bagi Anda yang menggunakan domain bekas yang pernah dipakai orang lain, mungkin saja masih banyak postingan di blog lama (dengan nama domain yang pernah dipakai orang lain) tersebut yang sudah terindeks Google namun muncul error 404 karena tidak diketemukan halaman yang relevan.

Banyaknya status kesalahan URL yang ditemukan pada dashboard Google Search Console (GSC) dapat menyebabkan dampak negatif bagi blog Anda. Jika terlalu banyak URL yang error, blog Anda dapat mengalami kesulitan terindeks oleh Google di kemudian hari. Lalu bagaimana cara mengatasi hal ini ?. Ikuti langkah-langkah di bawah ini :
  1. Coba masuk ke Google Search Console (GSC) lalu klik “Crawl – Crawl Errors”, mungkin akan terlihat sejumlah URL yang dinyatakan tidak dijumpai (URL not found). Jika ditemukan hal demikian, Anda harus segera mengambil langkah selanjutnya yaitu menghapus setiap URL yang error tersebut. 
  2. Masuk menu “Google Index – Remove URLs” lalu masukkan URL lengkap yang dinyatakan error. Klik tombol “Continue” untuk mengkonfirmasi langkah tersebut. Kesulitan bagi user adalah jika jumlah URL yang harus dihapus terlalu banyak sehingga membutuhkan waktu lama. 
  3. Cara berikutnya adalah dengan membuat redirect halaman yang not found ke homepage blogspot Anda. Masuk ke akun blogger Anda dan pilih blog yang akan Anda redirect halamannya.
  4. Klik “Setting – Search preferences” lalu klik “Edit” pada Custom Page Not Found. Masukkan kode berikut ke kotak yang tersedia : <script type="text/JavaScript">location.replace('http://namabloganda.blogspot.com');</script> 
  5. Klik tombol “Save changes” untuk menyimpan perubahan tersebut di atas.
Sekarang cek beberapa URL yang dinyatakan error, seharusnya akan teralihkan menuju homepage blog Anda.

No comments: