Saturday, March 24, 2018

Cara Menuju Harcomas atau Mangga Dua Mall Jakarta Pusat dari Cawang Jakarta Selatan

Bagi Anda yang ingin bepergian ke Harcomas atau Mangga Dua Mall, Jakarta Pusat, terutama dari arah keberangkatan sekitar Tebet, Jakarta Selatan, Anda dapat menjangkaunya dengan berbagai alternatif moda transportasi. Namun yang akan saya share di sini adalah cara menuju Harcomas atau Mangga Dua Mall dengan menggunakan KRL Commuterline yang dioperasikan oleh PT Kereta Commuter Indonesia.

Karena stasiun KRL Commuterline terdekat dari tempat kost saya di Tebet Barat Dalam, Jakarta Selatan adalah Stasiun Cawang, maka yang pertama kali saya lakukan adalah berangkat menuju stasiun tersebut (cukup dengan berjalan kaki sehingga dapat menghemat budget…hehe).

Sesampainya di Stasiun Cawang, langsung pesan tiket di loket pemesanan dengan menyebutkan tempat stasiun dimana kita akan turun. Setelah sebelumnya dicek di Google maps, posisi stasiun terdekat dengan Harcomas dan Mangga Dua Mall adalah Stasiun Jayakarta. Kita cukup menyediakan uang Rp 13.000,00 dan akan diberikan kartu KRL Commuterline. Biaya real sekali perjalanan adalah sebesar Rp 3.000,00 dan Rp 10.000,00-nya dianggap sebagai biaya deposit yang nantinya dapat Anda ambil kembali setelah tiba di stasiun tujuan.

Tap kartu yang sudah Anda pegang di gate masuk stasiun Cawang, lalu pindah ke Peron 1 yang merupakan jalur KRL Commuterline yang berasal dari arah selatan yaitu Stasiun Bogor atau Depok. Tunggu informasi kedatangan kereta yang disebutkan announcer sebagai kereta yang menuju stasiun akhir di Jakarta Kota. Meskipun demikian, Anda bisa juga menaiki KRL Commuterline dengan tujuan akhir bukan Jakarta Kota, asalkan melewati Stasiun Manggarai. Di stasiun ini Anda dapat melakukan transfer kereta baik dari arah Bogor atau Bekasi yang mengarah ke stasiun akhir Jakarta Kota.

Setelah KRL Commuterline melewati Stasiun Mangga Besar, Anda harus siap-siap turun di Stasiun Jayakarta. Dari sana, Anda segera keluar kompleks stasiun (kartu KRL dapat dikembalikan untuk mendapatkan refund Rp 10.000,00), lalu susuri terus jalan di bawah rel KA (searah dengan arah KA yang ditumpangi barusan), sampai sekitar 400 m akan terlihat plang besar bertulis Pasar Pagi Mangga Dua, lalu belok kanan, lurus terus, tidak jauh dari situ adalah tempat yang Anda tuju yaitu Harcomas atau Mangga Dua Mall. Anda dapat mengelilingi kompleks perbelanjaan yang menawarkan berbagai jenis kebutuhan terutama elektronik, komputer, laptop, kamera, pakaian, dan sebagainya.  


Stasiun Cawang
  
Stasiun Cawang

Stasiun Cawang



Harcomas

Harcomas

Harcomas

No comments: