Saturday, April 7, 2018

Cara Naik Bus Transjakarta dari Gelora Bung Karno ke Tugu Pancoran Jakarta Selatan

Menaiki alat transportasi publik bertarif murah seperti bus Transjakarta memiliki pengalaman unik tersendiri dibanding menggunakan taksi atau mobil pribadi. Disamping harganya yang terjangkau, dengan menaiki Transjakarta kita akan lebih mudah mengenal berbagai tempat di seluruh wilayah Jakarta terutama daerah-daerah yang dilewati jalur angkutan milik Pemprov DKI Jakarta tersebut.

Salah satu perjalanan dengan Transjakarta yang kali ini akan saya share di sini adalah pengalaman menaiki bus satu ini dari Stadion Gelora Bung Karno menuju Tugu Pancoran, Jakarta Selatan. Dan rupanya tidak semudah yang dibayangkan untuk sampai di tempat tujuan dalam waktu yang diharapkan. Kendalanya terletak pada susah didapatinya salah satu trayek bus Transjakarta pada sebuah koridor yang harus saya lalui.

Setelah sebelumnya puas mengitari Stadion Gelora Bung Karno yang saat itu sedang dalam masa renovasi, saya bermaksud hendak kembali pulang ke kost saya di bilangan Tebet Barat Dalam, Jakarta Selatan. Pertama, setelah keluar dari kompleks Stadion Gelora dari sebelah fx Sudirman, saya menuju halte terdekat yaitu Halte Gelora Bung Karno. Lalu cari bus Transjakarta yang datang dari arah Blok M menuju Stasiun Kota. Sesampainya di Halte Karet Sudirman, saya turun di halte transfer tersebut. Berikutnya, karena posisi tujuan akhir yaitu Pancoran Tugu berada di jalur arah Cawang maka saya harus mencari lagi bus Transjakarta yang menuju ke arah sana. Dari Halte Karet Sudirman sebenarnya dilewati bus Transjakarta trayek Dukuh Atas – Pinang Ranti (yang nantinya melewati Pancoran Tugu), namun karena kurang beruntung atau memang pada hari libur trayeknya sengaja dikurangi, saya harus menunggu sampai sekitar 1 (satu) jam sebelum akhirnya memutar otak untuk menggunakan trayek alternatif lain. Akhirnya saya menaiki bus Transjakarta rute Tosari ICBC – St. Palmerah karena tidak ada direct route yang saya dapati hari itu. Artinya saya harus melakukan perjalanan memutar (tidak langsung mengarah ke Cawang namun justru berkebalikan arah). Tujuannya agar nanti saya dapat turun di halte-halte yang dilalui Transjakarta trayek Grogol – Pinang Ranti atau Grogol – PGC. Lalu saya turun di Halte Slipi Petamburan, pindah platform, dan menunggu kembali bus Transjakarta yang saya sebutkan di atas : Grogol – Pinang Ranti atau Grogol – PGC. Pada akhirnya saya bisa turun di tempat tujuan yaitu Halte Pancoran Tugu.  

Halte Gelora Bung Karno
Platform trayek St.Kota - Pinang Ranti di Halte Karet Sudirman
Papan Info Rute Bus Transjakarta St. Kota - Pinang Ranti di Halte Karet Sudirman
Papan Info Rute Bus Transjakarta Tosari ICBC - St. Palmerah di Halte Karet Sudirman
Suasana Halte Karet Sudirman
Halte Slipi Petamburan
Halte Pancoran Tugu

No comments: