Sunday, April 8, 2018

Membeli Barang secara Semi Offline di JakartaNotebook.com

Niat awalnya sebenarnya ingin membeli baterai laptop Fujitsu karena baterai eksisting hanya mampu bertahan selama kurang lebih 1 (satu) jam dari kondisi full charged. Setelah sebelumnya mencoba mencari part ini di Harcomas dengan hasil nihil, saya pun kembali mencari alternatif tempat lain dan ketemulah nama JakartaNotebook.com.

Dengan berbekal info lokasi toko di Jakarta yang berada di Ruko Garden Shopping Arcade No.8EK, Podomoro City Central Park, Jl. Letjend S. Parman Kav.28 Grogol Petamburan, Jakarta Barat, akhirnya di Sabtu kemarin, 07 April 2018, saya pun meluncur ke sana. Dan seperti biasa, saya memakai moda transportasi umum yang murah meriah, bus Transjakarta !. Berangkat dari Halte Pancoran Tugu sekitar jam 09.00 pagi. Tanpa waktu lama bisa masuk ke bus Transjakarta rute PGC – Grogol 2 dan kemudian turun di Halte S. Parman Central Park.

Keluar dari gate halte di atas, kita bisa mendapati toko JakartaNotebook.com setelah menyusuri jalan masuk diantara gedung Central Park dan Neo Soho. Tak lama akan terlihat deretan ruko 3 (tiga) lantai yang berada di sisi yang berdekatan dengan Central Park. Ketika masuk ke dalam ruko, terlihat sejumlah pengunjung yang sedang melihat-lihat notebook yang diletakkan di meja display. Saya fikir mereka sedang mencoba laptop-laptop yang dipajang di situ, namun rupanya mereka lagi melakukan transaksi pembelian barang melalui sistem online namun barang dapat diambil di tempat secara COD.

Awalnya saya menanyakan stok baterai laptop yang saya maksud ke karyawan penjaga toko, namun berhubung tidak ada barang ready, akhirnya niat saya tak terwujud. Malah pada akhirnya saya membeli sebuah barang di situ berupa jam tangan setelah iseng mencoba browsing barang apa saja yang mereka jual. Sistem penjualannya memang unik, pengunjung tidak dapat melihat wujud fisik barang secara langsung (kecuali sejumlah barang yang sengaja didisplay di situ) namun harus dilakukan secara online melalui perangkat laptop yang telah tersedia. Kita juga harus membuat akun terlebih dahulu di website mereka. Lalu pilih barang yang dinyatakan ready stock dan masukkan ke keranjang belanja seperti biasa. Baru setelah itu ada option pemesanan barang secara self service (tidak dikirim melalui kurir atau jasa pengiriman logistik). Begitu pesanan selesai dilakukan, kita bisa melihat layer display di atas kasir, posisi kita sebagai pembeli sudah masuk dalam antrian pengambilan barang. Untuk memastikan barang yang kita beli sudah sesuai dengan keinginan, kita diberi kesempatan untuk diperlihatkan barang tersebut. Jika oke, dilanjutkan ke pembayaran via kasir. Jika tidak, pemesanan dapat dibatalkan dan kita dapat memulai proses pembelian barang lain dari awal.

Metode jual beli yang dibuat oleh JakartaNotebook.com di atas terbilang unik dan menjadi sebuah terobosan tersendiri dalam dunia bisnis jual beli barang. Biasanya jika kita ingin membeli suatu barang secara offline, kita melihat barang secara langsung lalu memutuskan untuk membeli atau tidak. Di sini mereka tidak menyediakan ruangan terlalu besar karena tidak memungkinkan untuk menampilkan seluruh item yang mereka jual. Inilah yang kemudian menjadi hal unik dan inovatif : pengunjung cukup melihat-lihat barang via website mereka dengan tersedianya laptop-laptop di meja yang telah disediakan. Pengunjung lalu sepuasnya dapat melakukan pencarian barang yang diinginkan, jika dinyatakan ready stock, baru pengunjung melakukan konfirmasi pembelian. Antrian menunggu barang akan muncul setelah pengunjung melakukan log out dari website mereka. Barang kemudian dikeluarkan dari gudang untuk ditunjukkan kepada pembeli, lalu transaksi diakhiri dengan pembayaran barang melalui meja kasir. Done !. Simple, menarik, dan yang jelas sistem antriannya fair karena siapa yang duluan yang mengkonfirmasi pembelian via website akan didahulukan dalam antrian. Tidak ada suasana yang terkesan crowded sebagaimana terjadi pada proses jual beli secara tradisional. Dan saya memang paling tidak menyukai kalau harus berdesak-desakan dan terus bertanya dan menunggu penjaga toko yang mondar-mandir ke sana kemari melayani calon pembeli. Sebagai bonus, kita bisa sepuasnya berselancar via wifi hotspot yang disediakan gratis oleh JakartaNotebook.com. Tak perlu password tak perlu ini itu, semuanya dibuat dengan mudah dan memanjakan pengunjung. Terbukti saya sempat mendownload driver Bluetooth untuk laptop saya di situ. Meski size filenya lumayan besar, toh saya tidak harus bayar atau ditegur penjaga toko. Mungkin mereka faham benar bahwa calon pembeli adalah “raja” yang harus diservice dan dilayani secara baik…he..he..he..

Central Park
Halte S. Parman Central Park, Jakarta Barat
Ruko Garden Shopping Arcade
Deretan Ruko Garden Shopping Arcade, Podomoro City Central Park, Jakarta Barat
JakartaNotebook
Toko JakartaNotebook.com
Pengunjung Toko yang sedang Searching & Browsing Barang
Jakartanotebook
Ikutan Nyoba Browsing Barang :)
Antrian Pengunjung Saat Pengecekan Barang Pesanan
Jakartanotebook
Display Antrian Pembayaran Barang
jakartanotebook.com
Jam Tangan yang Berhasil Dipesan secara Semi Offline di JakartaNotebook.com

2 comments:

Ibrahim M.Pd.I said...

berarti deket dong ama rumah mas, wah keren ya !

fajarnindyo said...

Sebenarnya jauh pak..karena saya di timur Jakarta sedangkan Jakartanotebook di Jakarta barat, tapi akses Transjakarta memang mudah, sekali naik...