Saturday, May 5, 2018

Car Free Day 08 April 2018 ; Menyusuri Dukuh Atas - Silang Monas

Setelah pada event CFD (Car Free Day) sebelumnya saya melakukan jalan kaki dari Dukuh Atas ke Stadion Gelora Bung Karno, maka pada kesempatan berikutnya (08/04/2018) saya mencoba mengambil rute yang berbeda yaitu Dukuh Atas Sudirman ke SIlang Monas, Jakarta Pusat.

Dibanding rute ke arah Stadion Gelora Bung Karno, pada rute Dukuh Atas – Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, lebih banyak gelombang manusia yang mengikutinya. Berbagai atraksi dan lapak jualan banyak ditemui sepanjang jalur ini, diantaranya seni kompang atau rebana oleh anak-anak pesantren, pengamen jalanan, penjual pakaian, boneka, ondel-ondel Betawi, cosplay dari berbagai tokoh super hero dan kartun, dan lain-lain.

Jalur jalan dan point of interest yang dilalui sepanjang Dukuh Atas – Medan Merdeka Barat antara lain Jl. Jend. Sudirman, Jl. MH Thamrin, dan berakhir di ujung jalan yang berdekatan dengan areal Monas. Tumpukan pengunjung CFD terlihat di Bundaran HI (Hotel Indonesia), tempat dimana Monumen Selamat Datang berada. Patung ini digambarkan dalam sosok laki-laki dan perempuan yang membentangkan tangannya seolah mengucapkan selamat dating kepada siapa saja yang melewati kawasan tersebut. Konon patung ini dibuat atas prakarsa Presiden Soekarno yang bermaksud ingin mengekspresikan keramahan bangsa Indonesia dalam menyambut kedatangan peserta dari sejumlah negara yang mengikuti ajang Asian Games IV di Jakarta tahun 1962. Patung lain yang dapat dijumpai di jalur CFD ini adalah patung MH Thamrin yang berdiri di pertemuan Jl. Medan Merdeka Barat dan Jl. Medan Merdeka Selatan. Jika patung Selamat Datang dibuat oleh Edhi Sunarso atas ide Soekarno, maka patung MH Thamrin ini dibuat oleh Ketut Winata dan diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, pada tahun 2012.

Perjalanan CFD (Car Free Day) saya di hari itu diakhiri dengan kunjungan ke Museum Nasional yang berada di Jl. Medan Merdeka Barat dengan menempuh jarak perjalanan sepanjang kurang lebih 3,3 km. Cerita kunjungan ke Museum Nasional insyaAllah akan saya tuangkan dalam postingan berikutnya.

car free day Jakarta

CFD Jakarta

CFD

Rebana

CFD

CFD

Car Free Day

CFD

Car Free Day

cosplay

cosplay

CFD

CFD

CFD

Monumen Selamat Datang

Car Free Day

Patung MH Thamrin

Monas

Museum Nasional

No comments: