Gedung Kesenian Jakarta

Salah satu gedung tua dan bersejarah yang masih dapat dijumpai di Jakarta adalah Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) yang sampai saat ini masih berfungsi sebagai gedung pertunjukan seni.

Gedung bergaya neo-renaissance ini terletak di Jalan Gedung Kesenian No.1, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, berdekatan dengan gedung Pasar Baru. Ide awal pendirian berasal dari Gubernur Jenderal Belanda, Herman Willem Daendels yang kemudian selesai direalisasikan pada masa Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles dengan nama “Theater Schowburg Weltervreden” atau Gedung Komedi.

Dalam perjalanan sejarahnya, gedung yang berdiri sejak awal abad ke-19 ini telah dipakai untuk berbagai fungsi dan kegiatan mulai dari gedung tempat berkumpulnya para pemuda pejuang kemerdekaan, gedung kampus, sampai bioskop.

Berikut kronologi singkat keberadaan Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) hingga saat ini :

Tahun 1926

Sebelum masa kemerdekaan, GKJ pernah digunakan sebagai lokasi Kongres Pemoeda yang pertama. Gedung tersebut menjadi tempat berkumpulnya seluruh organisasi pemuda saat itu seperti Jong Java, Jong Sumatra, Jong Betawi, dan lain-lain.

Tahun 1945

Setelah Indonesia merdeka, gedung ini atas prakarsa Presiden Soekarno digunakan sebagai lokasi peresmian Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP), tepatnya pada tanggal 29 Agustus 1945.

Tahun 1951

Universitas Indonesia sebagai universitas tertua di Indonesia pernah memanfaatkan gedung ini sebagai tempat belajar mengajar khususnya untuk Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum.

Tahun 1984

Gedung ini dikembalikan fungsinya menjadi gedung pertunjukan seni seperti drama dan teater berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta No. 24 tahun 1984.

Tahun 1987

Gedung ini mengalami renovasi dan mulai secara resmi menggunakan nama “Gedung Kesenian Jakarta”.

Untuk menuju lokasi Gedung Kesenian Jakarta ini dengan transportasi umum sangatlah mudah. Anda tinggal naik bus Transjakarta yang menuju atau melewati Halte Pasar Baru, lalu turun di halte tersebut dan hanya dalam hitungan beberapa langkah Anda sudah sampai di lokasi gedung ini.



Gedung Kesenian Jakarta

Gedung Kesenian Jakarta

Gedung Kesenian Jakarta

GKJ

GKJ

Gedung Kesenian Jakarta

GKJ

GKJ

GKJ

GKJ

GKJ

GKJ

Gedung Kesenian Jakarta